PKK Kabupaten Wonosobo Sabet Berbagai Penghargaan

by -20 views

WONOSOBOZONE. Hari Peringatan HKG PKK yang ke 46 tahun kali ini sangat istimewa bagi seluruh anggota PKK Kabupaten Wonosobo, karena dalam upaya menggerakkan peran serta keluarga dan masyarakat Indonesia secara keseluruhan telah membuahkan hasil dengan menyabet berbagai penghargaan dalam kiprahnya baik di tingkat Provinsi dan bahkan tingkat Nasional.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Wonosobo, Fairus Eko Purnomo mengatakan peringatan HKG PKK Tahun ini diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan. Diantaranya melaksanaan pembinaan wilayah di 15 Desa binaan PKK Tahun 2017 dan kunjungan di 15 Desa/Kelurahan lainnya pada 15 Kecamatan, lomba website PKK, lomba menu B2SA, Pemilihan Posyandu terbaik, Pemilihan pemanfaatan pekarangan terbaik, Lomba Lingkungan Bersih, Lomba Desain Batik, Lomba mengukir buah, bunga, dan merangkai sayur, serta mengikuti berbagai lomba lain di tingkat Provinsi dan event Nasional.

Kader PKK Kabupaten Wonosobo berhasil mendapatkan penghargaan Pelaksana terbaik 1 Pola asuh anak dan remaja dalam keluarga dengan penuh cinta kasih dan sayang tingkat Propinsi Jawa Tengah Tahun 2018 ( Kelurahan Wonoroto Kecamatan Watumalang ) dan Pelaksana terbaik I Evaluasi 10 PP PKK Tahun 2018 Tingkat Propinsi Jawa Tengah dan pelaksana terbaik PKK KKBPK Kes Tingkat Prov Jateng Tahun 2017 ( Desa Ngalian Kecamatan Kepil ). Serta Pelaksana Terbaik I Motivator Pria Tingkat Nasional yang di raih oleh Ismail dari Desa Plodongan Kecamatan Sukoharjo.

Sementara itu Bupati Wonosobo Eko Purnomo mengatakan Keberadaan dan kiprah PKK sangat penting dan strategis, terlebih ketika dihadapkan pada dinamika masalah serta tuntutan kebutuhan masyarakat yang harus diatasi dan dipenuhi secara simultan. Kehadiran PKK yang telah teruji keberadaannya, memberikan harapan besar bagi Pemerintah Kabupaten Wonosobo untuk bersama-sama mengatasi berbagai permasalahan yang berkembang dalam kehidupan masyarakat.

Sehubungan dengan hal tersebut melalui peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-46 tahun 2018 ini, Bupati berharap dapat dijadikan sebagai momentum yang memberikan motivasi dan semangat bagi kader PKK, agar tetap terus giat melaksanakan tugas serta fungsi utamanya, berusaha memberdayakan dan mewujudkan kesejahteraan keluarga.

Selaras dengan Tema Hari Kesatuan Gerak PKK Kerukunan Dalam Keluarga dan Lingkungan untuk Wujudkan Indonesia Damai, Bupati mengingatkan kepada seluruh anggota dan kader Tim Penggerak PKK Kabupaten Wonosobo, bahwa keluarga dan lingkungan, harus menjadi benteng utama dan pertama, untuk terciptanya kondisi masyarakat yang aman, nyaman, tentram dan damai.

Kepada seluruh anggota dan kader PKK, diharapkan juga, untuk terus berupaya mewujudkan ketahan keluarga, karena menurutnya peran keluarga dalam pembangunan dan pengembangan sumber daya manusia, merupakan faktor yang sangat stragis, untuk mencapai kondisi ideal tersebut, saya harapkan hal ini bisa menjadi komitmen dan keterlibatan semua pihak.

Puncak acara peringatan HKG PKK ke 46 sendiri juga bertepatan dengan puncak peringatan Bulan Bhakti Gotong-Royong Masyarakat ke-15 juga pencanangan kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan, yang di tandai dengan pemukulan Gong oleh Bupati didampingi unsur Forkopimda beserta Istri dan seluruh instansi terkait, yang mana kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sinergitas PKK, KB dan kesehatan, serta keterlibatan peran serta pria dalam ber-KB guna meningkatkan jumlah akseptor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *