Kenapa Bukan Senegal Yang Lolos? Ini Alasan Jepang Lolos ke 16 Besar Meski Kalah dari Polandia

by -20 views

WONOSOBOZONE​ – Jepang berhasil lolos ke 16 besar Piala Dunia 2018. Jepang lolos dengan status runner-up Grup H karena unggul poin fair play atas Senegal.

Sepanjang sejarah turnamen, ini adalah pertama kalinya kriteria fair play digunakan untuk menentukan kelolosan sebuah tim.

Jepang takluk 0-1 dari Polandia di pertandingan terakhir, Kamis (28/6). Di pertandingan lainnya di waktu bersamaan, Kolombia menang 1-0 atas Senegal.

Jepang dan Senegal sama-sama mengoleksi empat poin. Selisih gol kedua tim sama yakni 4-4 sehingga penentuan akhirnya berdasarkan poin fair play.

Regulasi FIFA menggariskan aturan fair play sebagai penentu berikut apabila ada dua tim atau lebih yang memiliki torehan berimbang dalam poin, selisih gol, jumlah gol memasukkan, dan duel head-to-head. Dalam hal ini, kartu kuning dihargai minus satu, kartu kuning kedua -3, kartu merah langsung -4, dan kartu kuning plus kartu merah langsung -5.

Di sinilah tim asuhan Akira Nishino mengungguli Senegal, yang mereka imbangi 2-2 saat bertemu langsung di matchday kedua.

Permainan Yuto Nagatomo dkk. lebih “bersih” ketimbang sang wakil Afrika. Kartu kuning untuk bek Tomoaki Makino baru yang keempat diterima Jepang di Rusia, sementara Senegal mendapatkan enam sehingga poin fair play Jepang lebih tinggi ketimbang Singa-Singa Teranga. Hasilnya Jepang unggul atas Senegal. Jepang mengoleksi empat kartu kuning dari tiga pertandingan sementara Senegal mengoleksi enam kartu kuning.

Statistik Opta juga mencatat Samurai Blue hanya membuat 28 pelanggaran dalam tiga partai grup, tersedikit di antara seluruh kontestan Piala Dunia 2018 yang telah menuntaskan babak penyisihan.

Jepang pun berhasil melaju ke babak 16 besar. Shinji Kagawa CS akan berhadapan kontra Inggris atau Belgia pada tanggal 2 Juli mendatang. (Ard)

Source :
bolalob.com
Goal.com
Google.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *