Bupati Pantau Langsung Pelaksanaan Malam Takbiran dan Posko Lebaran Tahun 2018

by -6 views

WONOSOBOZONE – Bupati Wonosobo, Eko Purnomo, didampingi Kepala Satpol PP, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Perhubungan, dan Kepala Bagian Humas dan Umum Setda, melakukan pantauan langsung pelaksanaan malam takbiran dan kondisi Posko Lebaran di wilayah Wonosobo, Kamis, 14 Juni malam.

Menurut Bupati, di sela pantauan di 3 Posko Lebaran, yakni Posko Kertek, pertigaan Taman Pahlawan dan pertigaan Pasar Selomerto serta 1 Pos Pelayanan di dekat Pasar Induk Wonosobo, pantauan dilaksanakan dalam upaya melihat langsung kondisi keamanan dan kenyamanan mudik serta memberikan dukungan penuh kepada para petugas yang berjaga selama 24 jam tersebut.

Kegiatan ini juga sebagai wujud kebersamaan dan kepedulian terhadap para petugas sekaligus kepada masyarakat secara umum. Khusus untuk petugas, Bupati menambahkan, bahwa di malam takbiran sampai nanti H+6 lebaran, mereka semua bertugas untuk kepentingan masyarakat banyak. Untuk itu mereka patut mendapat apresiasi, sekaligus untuk mendukung pengabdian mereka tersebut.

Selain hal tersebut, Bupati menyatakan bahwa acara pantauan ini sebagai wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Wonosobo dalam menciptakan kondisi aman serta nyaman bagi masyarakat yang merayakan hari lebaran.

Bagi pemudik yang kemalaman, Bupati meminta kepada tiap petugas di tiap Posko untuk ikut mencarikan angkutan umum atau alat transportasi lain, termasuk bagi pemudik yang kemalaman dan terlantar, yang kebetulan melewati wilayah Wonosobo, diharapkan kepada para petugas juga ikut membantu mencarikan angkutan umum antar kota antar provinsi, yang bisa mengantar mereka sampai ke tempat tujuan.

Saat mengunjungi Pos Pelayanan di Pasar Induk, Bupati yang kebetulan bertemu dengan Kapolres, juga meminta kepada para petugas di tiap Posko, untuk aktif memantau kondisi arus mudik, dengan terjun langsung di keramaian lalu lintas menggunakan alat transportasi yang ada, seperti sepeda atau sepeda motor, serta aktif berkomunikasi dengan personil lainnya di seluruh Posko, melalui alat komunikasi yang ada seperti HT atau HP, sehingga kondisi keamanan dan ketertiban lingkungan bisa terpantau dengan baik.
Di sisi lain, Bupati juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para Camat, yang telah memastikan kondisi aman dan lancar sampai ke wilayah kecamatan. Sehingga kejadian tawuran antar warga selama perayaan lebaran, seperti terjadi di tahun-tahun sebelumnya tidak akan terjadi lagi.
Dari hasil pantauan sendiri, kondisi secara umum lancar. Khusus di kota Wonosobo, kondisi saat malam takbiran ramai lancar. Hal ini salah satunya disebabkan karena di Mendolo tidak ada pasar malam yang biasanya mengakibatkan munculnya kemacetan.

Sedangkan dari pantauan pelaksanaan takbir keliling sendiri, ditemui hanya ada satu dua kelompok masyarakat yang melakukan dan berjalan tertib. Alun-alun sendiri ditutup selama pelaksanaan takbir keliling, untuk menghindari terjadinya kemacetan di kota dan penumpukan massa, yang sangat rawan berakibat terjadi gangguan kamtibmas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *