Harkitnas, Bupati Ajak Masyarakat Bersatu

by -20 views

WONOSOBOZONE. Bupati Wonosobo, Eko Purnomo, mengajak seluruh masyarakat Wonosobo menjadikan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (HARKITNAS) ke 110, sebagai momentum membangun semangat bersatu. Bersatu adalah kata kunci ketika ingin menggapai cita-cita mulia. Hal ini disampaikan Bupati, yang menjadi Inspektur Upacara HARKITNAS, saat membacakan Sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Senin, 21 Mei di halaman Pendopo Kabupaten Wonosobo.

Bupati mengingatkan sejarah Boedi Oetomo yang menjadi salah satu penanda utama bahwa bangsa Indonesia untuk pertama kali menyadari pentingnya persatuan dan Kesatuan. Para pendahulu yang berkumpul dalam organisasi-organisasi seperti Boedi Oetomo ini memberikan yang terbaik bagi terbentuknya bangsa yang bersatu melalui organisasi yang terlahir dari semangat persatuan dan kesatuan.
Sehingga semangat bersatu untuk bekerja nyata, kemandirian dan karakter yang terpusat pada pemahaman saat ini, masyarakat dihadapkan dalam kompetisi global. Dan untuk bisa memenangi persaingan di tingkat internasional tersebut dituntut kebersamaan dan persatuan kesatuan bangsa yang solid.
Ditegaskannya, komitmen terhadap NKRI dalam peringatan HARKITNAS sangat penting, karena setelah sekian lama berdiri sebagai bangsa, ancaman dan tantangan akan keutuhan NKRI tidak selangkah pun surut. Bahkan melalui kemajuan teknologi digital, ancaman radikalisme dan terorisme, mendapatkan medium baru untuk penyebaran paham dan praktiknya.

Kini saatnya semua pihak bekerja nyata dan bersatu, mandiri dengan cara-cara baru penuh inisiatil, bukan hanya mempertahankan dan membenarkan cara-cara lama seperti yang telah dipraktikkan selama ini. Hanya karena telah menjadi kebiasaan sehari-hari, bukan berarti sesuatu telah benar dan bermanfaat. Masyarakat harus membiasakan yang benar dan bukan sekadar membenarkan yang biasa.

Sementara kepada para Aparatur Sipil Negara yang mendapat amanat menggerakkan roda pemerintahan, Eko mengajak untuk menyelenggarakan pemerintahan secara lebih efisien. Serta membangun proses-proses yang lebih transparan dan memberikan layanan tepat waktu sesuai jangka waktu yang telah dijanjikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *