Sambut Bulan Suci, Warga Singkir Lakukan Sosialisasi Ke Pemilik dan Penghuni Kos-Kosan

by -24 views

WONOSOBOZONE – Menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan 1439 H, Warga Kampung Singkir Kelurahan Jaraksari Kec/Kab. Wonosobo, melakukan kegiatan sosialisasi kepada para pemilik dan penghuni kos-kosan yang ada di wilayah Singkir. Hal tersebut di lakukan karena warga setempat sudah mulai resah dengan keberadaan oknum-oknum penghuni kos-kosan yang di anggap kurang sopan dan sering membuat ulah negatif. Dengan adanya berbagai laporan masyarakat tersebut, Ketua Persatuan Pemuda Singkir, Nurochman menggandeng jajaran aparat keamanan, diantaranya dari unsur Kepolisian, Satpol PP, Satlinmas, maupun Banser untuk melakukan aksi sosial itu. Nur menjelaskan, selama kurun waktu tiga tahun terakhir pihak jajaran kepemudaan sudah melakukan langkah pendekatan secara persuasif ke beberapa tempat kos-kosan untuk mengikuti aturan yang berlaku. Namun realita yang terjadi di lapangan, lanjut Nur, tidak pernah menimbulkan efek jera bagi pemilik maupun penghuni kos yang datang silih berganti. “Keluh kesah masyarakat yang sangat terganggu dengan aktivitas penghuni kos-kosan, diantaranya sering pulang tengah malam dengan pasangan lawan jenis yang tidak sah, masuk kampung mabuk-mabukan, perkelahian, bahkan dengan pakaian yang kurang sopan,” beber Nur.

Hal serupa di katakan oleh Komandan regu Satpol PP, Warjono. Menurut Warjono yang memimpi kegiatan sosialisasi tersebut menjelaskan, pihaknya beserta aparat terkait siap mendukung penuh atas upaya warga demi menciptakan suasana yang kondusif, aman, dan damai jelang datangnya bulan suci Ramadhan. “Apabila masyarakat mulai resah, harap segera melaporkan dan kami siap membantu. Sehingga tindakan anarkisme yang terkadang di lakukan oleh warga dengan main hakim sendiri bisa diminimalisir,” terangnya. Warjono menambahkan, hal pertama yang dilakukan pihaknya adalah peringatan. Apabila peringatan itu tidak di indahkan, lanjutnya, maka Warjono bersama pihak berwenang akan menindak secara tegas sesuai peraturan​ yang berlaku.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, jajaran pemuda dan aparat terkait berhasil menjaring beberapa pasangan yang sedang asyik berkumpul di kamar maupun para penguni yang tidak mebawa kartu idenditas diri. Selanjutnya akan di bawa dan mintai introgasi di kantor Satpol PP Wonosobo, guna upaya pendataan para penghuni kos.

Kontributor : @wahyutriatmojo_15

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *