Juleha Diperkenalkan Upgrading Penyembelihan Secara Praktis dan Tetap Halal

by -34 views

WONOSOBOZONE – Sejumlah perwakilan instruktur dan Juru Sembelih Halal (JULEHA) se-Kecamatan Selomerto mengikuti kegiatan bimbingan teknis penyembelihan halal yang diadakan oleh Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan kabupaten Wonosobo, bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia beserta Kementerian Agama Kabupaten Wonsosobo Selasa, 15 Mei 2018 di Kantor Urusan Agama Kecamatan Selomerto.
Kepala Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan, Abdul Munir mengatakan, kegiatan yang sudah dimulai sejak 2016 tersebut merupakan langkah yang dilakukan untuk menjamin kehalalan dan baiknya (thoyyib) bahan pangan. Abdul Munir menyebut, dalam agendanya akan dilakukan pengenalan dan praktik cara praktis menyembelih tanpa menganiaya hewan sembelihan tersebut.

Abdul Munir menambahkan, di Kabupaten Wonosobo pernah menemukan kasus yang berkaitan dengan kehalalan daging sembelihan dengan alasan kebutuhan pasar lebih banyak. Sehingga, dari dinas mengantisipasi dengan pengawasan dan pelatihan lanjut JULEHA. Abdul munir mengemukakan, masyarakat dapat ikut mengawasi dan melaporkan terhadap temuan produk nonhalal kepada Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kabupaten Wonosobo.

Sementara itu, saat ditemui terpisah, Ketua MUI Kabupaten Wonosobo, Dr. K.H Muchotob Hamzah MM mengungkapkan, kegiatan pelatihan tersebut memang menjadi program bersama. Ia berharap, dengan kesadaran bersama baik masyarakat maupun pemerintah mengenai produk halal, konsumen dapat lebih tenang dalam mengkonsumsi produk produk makanan yang beredar.(Rob)

#wonosobo
#radiopesona
#wonosobozone
#medsosasri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *