Pimpinan OPD Diminta Serius Urus Website

by -23 views

WONOSOBOZONE – Laman atau website resmi pemerintah mulai dari tingkat Pusat, Kementerian, Lembaga hingga Daerah saat ini benar-benar dituntut untuk selalu menampilkan data-data mutakhir nan informatif, sebagai bagian dari transparansi layanan informasi publik. Sayangnya, kesadaran akan pemutakhiran konten website tersebut, khususnya di lingkup Pemerintah Kabupaten Wonosobo belum menunjukkan grafik menggembirakan. Hal itu terlihat ketika Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika, Dwiyama SB membeber hasil evaluasi terhadap OPD dan Kecamatan pengelola website pada Rakor Layanan Informasi Publik yang digelar di Ruang Mangunkusumo Setda, Rabu (9/5). Dari 40 website resmi OPD dan Kecamatan yang ada, sebagian besar diketahui kurang informatif lantaran isi alias konten tidak pernah dilakukan pemutakhiran. “Masih banyak website OPD maupun kecamatan yang pemutakhiran terakhir dilakukan pada Tahun 2017 lalu, serta kurang memenuhi asas transparansi anggaran karena tidak mengunggah DPA, LRA, hingga Renja maupun Renstra masing-masing,” papar Dwiyama.

Menanggapi paparan Dwiyama, Asisten Administrasi Setda Samsul Maarif menegaskan bahwa website sebagai salah satu media untuk mewujudkan asas transparansi publik terkait kinerja pemerintah selayaknya mendapat perhatian serius. “Semua OPD, termasuk Setda dan Kecamatan saya minta untuk kita semua berkomitmen bersama memperbaiki sektor layanan informasi publik, salah satunya dengan melakukan pemutakhiran data maupun informasi terbaru di website masing-masing,” tegas Samsul. Pemutakhiran website, diyakini Samsul tidak hanya akan memperbaiki penilaian terhadap kinerja layanan informasi publik oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah, yang beberapa waktu lalu masih berada di zona merah, alias kurang informatif. Kesadaran untuk terus memperbarui informasi maupun konten data yang menjadi bagian dari asas transparansi anggaran menurut Samsul juga akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Daerah. “Para Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) OPD beserta unsur pimpinan saya minta untuk mengawal dan mendampingi admin website di masing-masing unit kerjanya, agar upaya kita ini menghasilkan langkah nyata dan syukur-syukur mampu mengembalikan prestasi seperti halnya yang kita pernah raih, yaitu penghargaan sebagai Pemda paling informatif beberapa tahun silam,” tandasnya.

Senada, Kepala Dinas Kominfo Eko Suryantoro juga mengemukakan pentingnya dukungan dan sinergitas semua OPD dan Kecamatan demi memperbaiki layanan informasi publik di Pemkab Wonosobo. “Kami di Dinas Komunikasi dan Informatika membuka pintu bagi setiap admin website OPD maupun Kecamatan yang ingin berkonsultasi terkait pemutakhiran website ini, maupun yang berkeinginan untuk dilakukan pendampingan juga kami siapkan tim,” tegas Eko. Pihaknya selaku PPID Kabupaten, diakui Eko juga terus melakukan pemutakhiran data-data yang ada di website, termasuk website resmi Pemerintah Kabupaten. Hadirnya sebagian besar pimpinan OPD beserta para admin website masing-masing pada kesempatan tersebut, menurut Eko sangat positif karena nantinya sekembalinya dari forum rakor, akan diperoleh kesepahaman terkait pentingnya pemutakhiran website resmi mereka. “Kendala yang sering dikemukakan, yaitu kurangnya personel dan keterbatasan kuota akses internet, nanti akan kami upayakan solusi terbaik demi peningkatan layanan informasi publik ini,” pungkas Eko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *