Panwas Tertibkan APK Melanggar

by -39 views

WONOSOBOZONE – Tim Gabungan terdiri dari Panwaslu Wonosobo, Satpol PP, Polres dan KPU kemarin (27/4) menertibkan sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) Melanggar aturan Pilgub 2018 dan Pemilu 2019.

Penertiban APK berlangsung siang. Tim menyisir sejumlah lokasi yang terdapat melanggar aturan kampanye Pilgub maupun aturan sosialisasi Pemilu 2019. Lokasi yang disisir berada di Kecamatan Wonosobo dan Selomerto.

Ketua Panwaskab Wonosobo Eko Fifin Haryanti menyatakan, penertiban ini dilakukan karena baliho melanggar ketentuan aturan.

” Sesuai dengan aturan Pilgub. Baliho kampanye Pilgub diproduksi oleh KPU. Apabila partai atau tim mau menambah, harus didaftarkan di KPU,”katanya.

Sumali Ibnu Chamid Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaskab menambahkan, sebelum melakukan penertiban. Pihaknya sudah melakukan pencegahan dengan cara memberikan penjelasan prosedur penambahan APK.

“Kami sudah jelaskan. Boleh menambah APK sendiri. Namun tetap harus didaftarkan ke KPU provinsi,”katanya.

Karena belum didaftarkan di KPU, Sumali sebelumnya menyarankan agar pihak pemasang menurunkan balihonya. Namun hal itu tidak ditindaklanjuti. Sehingga pihak Panwas menerbitkan surat teguran.

“Surat teguran sudah kami layangkan sejak Selasa. Sampai kita pantai tetap tidak diturunkan. Hari ini kita tertibkan,”ujarnya.

Pria yang intim disapa Ale ini menambahkan, Baliho yang ditertibkan terang melanggar UU No 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. Selain itu, untuk Pemilu 2019 proses saat ini sosialisasi boleh dilakukan Parpol dengan ketentuan tatap muka.

“Kami berharap kepada semua peserta maupun Tim pada Pilgub maupun Pemilu 2019 agar benar benar memahami regulasi,”pungkasnya (Ali)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *