UKS Harus Ditangani Semua Stakeholder

by -78 views

WONOSOBOZONE. Semua stake holder harus andil dalam menangani Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) untuk perkembangan, pertumbuhan dan terwujudnya kesehatan di Sekolah, guna kelangsungan proses pembentukan generasi masa depan yang sehat dan handal. Demikian di tegaskan Wakil Bupati Wonosobo Agus Subagiyo, saat membuka Rapat Koordinasi UKS di Ruang Mangoenkoesoemo Setda, Selasa, 17 September.

“Kita harus bersatu betul, semua stake holder harus andil, karena UKS adalah usaha kesehatan di Sekolahan jadi semuanya harus jadi subyek pembangunan, untuk kelangsungan dan proses pembentukan generasi mendatang yang sehat dan handal,” tegas Wakil Bupati.

Agus menambahkan, jika ingin berhasil dalam pembagunan dan perkembangan UKS, maka ego sektoral harus di hilangkan, serta harus menanamkan rasa memiliki atau ikut handarbeni agar andil dan peran yang dilakukan bisa secara total. “Kalo nanti mikir ego sektoral, enggak akan berhasil, semua harus handarbeni atau merasa memiliki sehingga peran dan andilnya dilakukan secara nyata, secara total dalam bekerja, total dalam bertanggungjawab,” katanya.

Wabup mengingatkan betapa pentingnya kesehatan, dimanapun, kapanpun, sehingga baik dilingkungan Sekolah maupun penghuni Sekolah kesehatan harus tenar-benar terjaga. Menurutnya UKS merupakan salah satu cara memelihara kesehatan, melalui sekolah anak dididik untuk sadar kesehatan, anak di tanamkan untuk memahami dam memelihara kesehatan secara baik dimulai dari dini, sehingga anak mampu memanage kesehatan dengan benar.

Wabup berharap “Kedepan UKS harus ditangani secara nyata dan berkesinambungan, agar kesehatan di Sekolah benar-benar terwujud, untuk meciptakan generasi yang sehat dengan lingkungan yang sehat pula,” tutupnya.

Sementara itu Kasubbag Kesra, Irawati Werdianingsih mengatakan, rakor tersebut dimaksudkan sebagai wahana konsolidasi dan kaji ulang berbagai sektor sehingga dapat dirumuskan suatu keluaran berupa kerangka kebijakan, dan langkah strategis untuk meningkatkan kualitas UKS baik di tingkat Kecamatan maupun Desa.

Rakor tersebut dihadiri kurang lebi 80 orang yang terdiri dari anggota TP UKS Kabupaten Wonosobo, Ketua TP UKS Kecamatan se-Kabupaten Wonosobo, Kepala Puskemas se-Kabupaten Wonosobo, Kepala UPT Dikpora se-Kabupten Wonosobo, serta Pengawas Pendidikan Agama Islam se-Kabupaten Wonosobo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *