Ribuan Orang Hadiri Harlah IPHI Ke-28

by -29 views

WONOSOBOZONE – Sekitar 3.300 orang Haji dan Hajjah mengikuti pawai ta’aruf jalan sehat dan pengajian akbar dalam rangka Harlah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) ke-28 tahun 2018, yang diselenggarakan oleh IPHI Daerah Kabupaten Wonosobo, bertempat di Pendopo Kabupaten Wonosobo, Sabtu (24/3).

Sebelum mengikuti pengajian akbar, para peserta terlebih dahulu melaksanakan pawai ta’aruf dengan rute mengelilingi alun alun wonosobo.

Usai melaksanakan pawai ta’aruf, Ketua Pengurus Daerah IPHI Kabupaten Wonosobo, Supomo Ibnu Sahid, menyampaikan bahwa IPHI kabupaten Wonosobo bertekat untuk menterjemahkan apa yang menjadi garis besar dari IPHI Pusat, yaitu menjadikan IPHI sebagai rumah besar bagi umat islam.

Supomo juga menyampaikan bahwa IPHI merupakan organisasi yang mempersatukan umat Islam. Karena di dalam keanggotaan IPHI tidak memandang itu siapa dan dari organisasi apa. “Di dalam keanggotaan IPHI, tidak memandang dia siapa dan dari organisasi apa, yang utama mereka sudah melaksanakan Haji, Karena organisasi ini merupakan persaudaraan Haji, “ pungkas Supomo.

Sementara Sekjen Pengurus Pusat IPHI, Drs. Samidin Nasir, MM, pada kesempatan itu juga menyampaikan bahwa IPHI sebagai organisasi yang beranggotakan para Haji dan Hajjah, harus bisa menjadi panutan bagi umat Islam. Karena anggota IPHI adalah orang orang atau hamba yang telah dipilih dan diberi kesempatan oleh ALLAH SWT untuk menjalankan ibadah Haji. Oleh karena itu apa yang dilakukan harus bisa menjadi contoh dan bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Samidin Nasir juga menyampaikan bahwa IPHI juga bisa menjadi sarana untuk bersilaturahmi dan bertukar pengalaman serta diskusi untuk kemajuan umat Islam. IPHI juga dituntut untuk meningkatkan kontribusinya untuk kemaslahatan umat dan kokohnya NKRI.

Pada pengajian akbar dalam rangka Harlah IPHI ke-28, yang dihadiri oleh Pengurus Pusat IPHI, Pengurus Wilayah IPHI Jawa Tengah, Pengurus Daerah IPHI Kabupaten Wonosobo dan Ribuan anggota IPHI Wonosobo serta tamu undangan, seabagai pengisi ceramah adalah Ki Sunan Sunhaji dari Purwokerto. Yang menyampaikan ceramah dengan menggabungkan budaya Jawa dan Islam. yaitu dengan menggunakan wayang sebagain pendukung ceramahnya.

Pada kesempatan itu IPHI Kabupaten Wonosobo juga memberikan santunan kepada 30 kaum dhuafa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *