Panwaslu Buka Posko Aduan DPS

by -45 views

WONOSOBOZONE – Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Wonosobo, membuka Posko Pengaduan Terkait Daftar Pemilih Sementara (DPS). Posko dibuat untuk melayani warga yang sudah memenuhi syarat menjadi pemilih, namun belum masuk DPS, dikarenakan belum memiliki KTP Elektronik.
Menurut Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Panwaskab Wonosobo Sumali Ibnu Chamid, jumlah warga Wonosobo yang belum memiliki KTP Elektronik cukup banyak, mencapai 18.847 pemilih potensia.
“Para pemilih potensial ini, hasil dari pengawasan Coklit. Dari data ini, ada pemilih pemula, ada warga lain yang memang belum melakukan perekaman KTP elektronik,”katanya.
Untuk itu, kata Sumali, Bawaslu secara serentak, membuka Posko Pengadulan dalam pencermatan daftar pemilih Sementara (DPS). Posko aduan sudah berjalan sejak tanggal 24 Maret sampai dengan 2 April.
“Posko berlangsung selama 10 hari. Karena setelah ini ada masa Perbaikan DPS pada 3-7 April. Untuk itu sebelum perbaikan kami silahkan warga cek namanya pada daftar DPS,”katanya.
Proses pengcekan DPS kata, kata Sumali, bisa dilakukan secara langsung di tempat tempat publik di desa dan kelurahan serta tempat publik di seputar TPS. Tak hanya itu, warga juga bisa mengecek secara online pada portal informasi pemilu KPU.
“Bagi yang sudah memiliki hak pilih namun belum masuk pada DPS, silahkan mendatangi Panwaslu tingkat desa, kecamatan dan kabupaten untuk melakukan pengaduan,”katanya.
Aduan dari masyarakat ini, lanjut dia, akan ditindaklanjuti sesuai prosedur sesuai jenjang tingkatannya. Panwaslu desa atau PPL akan merekomendasikan masukan dari warga kepada PPS agar segera mencatat warga yang belum masuk dalam DPS. Selain itu juga bagi warga yang belum rekan KTP Elektonik akan diteruskan ke Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan agar dilakukan pelayanan jemput bola.
“kami apresiasi dinas catatan sipil dan kependudukan yang beberapa pecan ini melakukan jemput bola ke sejumlah sekolah tingkat SMA di Wonosobo pelayanan rekaman lagsung,”pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *