Nominasi 3 Besar, Al Futtur Wonosobo Optimis Juarai PIK Remaja Tingkat Jawa Tengah

by -188 views

WONOSOBOZONE – Pusat Informasi Konseling (PIK) Remaja Al Futtur yang ada di Desa Beran, Kec. kepil Kabupaten Wonosobo berhasil masuk nominasi 3 besar di ajang PIK Remaja tingkat Provinsi Jawa Tengah. Hal tersebut berhasil diraih oleh kelompok remaja yang sudah puluhan tahun terbentuk itu usai menjuarai lomba PIK Remaja ​tingkat Kabupaten Wonosobo dan setelahnya juga berhasil menaklukkan 32 PIK Remaja Kab./Kota yang ada di Jawa Tengah. “Semoga masuknya nominasi PIK Remaja Al Futtur ini mampu meraih hasil optimal dengan menjuarai lomba di tingkat Provinsi,” ungkap Kepala Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBPPPA) Kab. Wonosobo, dr. Okie Hapsoro di sela penilaian lomba PIK Remaja tingkat Provinsi di Balai Desa Beran, Kec. Kepil, Kab. Wonosobo, Senin (26/3)

Tak hanya tahun 2018, Okie juga menyebut PIK Remaja Al Futtur sempat meraih juara di level yang sama pada tahun 2009 lalu, namun terhenti pada juara 3. Kali ini, lanjut Okie, Wonosobo memiliki peluang untuk menjuarai lomba PIK Remaja tingkat Provinsi. “Kami optimis peluang juara ini dapat kami raih. Namun yang terpenting pembentukan PIK R/M dilingkungan komunitas sekolah dan masyarakat ini sesuai dengan tujuannya, yakni untuk memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang 8 fungsi keluarga,” terangnya

Menurut Okie, melalui lomba ini diharapkan akan tumbuh generasi muda yang bermental dan berperilaku sehat serta berpestasi yang nantinya bermuara pada peningkatan kualitas keluarga. “8 fungsi keluarga tersebut diantaranya Pendewasaan Usia Perkawinan, Triad KRR (Seksualitas, HIV/AIDS dan Napza), Life Skills, Gender, Advokasi serta Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE),” tandas Okie.

Hal serupa juga diungkapkan ketua PIK Remaja Al Futtur, Edi Ihsan Mustofa. Pria yang tengah memasuki usia 20 tahun itu mengaku optimis atas target yang tengah ditetapkan, yakni menjuarai lomba PIK Remaja tingkat Provinsi Jawa Tengah. Berhasilnya memasuk nominasi 3 besar tersebut menurut Edi, adalah hal yang wajar, mengingat beberapa aktifnya organisasi yang ia pimpin dalam kelompok remaja tersebut layak untuk mendapatkan kemenangan. “Kegiatan kami banyak, namun yang akan kami unggulkan disini diantaranya aktivitas life skil, seperti packing UMKM, membuat pernak-pernik dan fashion menggunakan bahan bekas, membuat inovasi olahan makanan bahan baku lokal,” terang pria kelahiran Wonosobo, 30 Desember 1998. Dengan adanya berbagai potensi tersebut, Edi meyakini PIK Remaja Al Futtur Wonosobo dapat mendominasi dua PIK Remaja nominasi lainnya, yakni PIK Remaja dari Purworejo dan Rembang. (Ard)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *