40 Siswa SMA Ikuti Pendidikan Kader Bela Negara

by -24 views

WONOSOBOZONE. 20 siswa dan 20 siswi SMA, SMK, MA ikuti kegiatan Pendidikan Kader Bela Negara (PKBN) yang diselenggarakan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Wonosobo selama 4 hari, yang dimulai hari ini (12/3) dengan mengambil tempat di Villa Oemah Nduwur, Andongsili Mojotengah.

Acara dibuka langsung oleh Wakil Bupati Wonosobo Agus Subagiyo bersama Komandan Kodim 0707 Letkol Czi Fauzan Fadli, SE, dengan ditandai penyematan tanda peserta.

Menurut Kepala Kantor Kesbangpol Didik Wibawanto, kegiatan ini merupakan program kerja kantor kesbangpol, tentang sosialisasi PKBN. Dengan maksud meningkatkan dan merefresh kembali pemahaman tentang ketahanan Bangsa bagi siswa SMA dan sederajad untuk menangkal adanya Ancaman, tantangan, gangguan, dan habatan dalam hidup berbangsa dan bernegara.

Didik menambahkan, kegiatan ini bertujuan mensosialisasikan pendidikan kader bela negara kepada siswa SMA sederajad, juga untuk menanamkan jiwa patriotisme dan cinta tanah air dan bangsa, serta memberikan bekal penegtahuan dan motivasi kepada siswa sma sederajad yang berniat akan melanjutkan ke TNI, Polri dan sekolah tinggi lainnya.

Kegiatan ini diarahkan kepada mereka yang bercita-cita untuk menjadi TNI Polri dan Sekolah tinggi linya, sehingga diharapka punya ilmu dasar dan ilmu pengetahuan untuk pengembangkan kedepan, katanya.

Pada kesempatan itu Wakil Bupati Agus Subagiyo meberikan motivasi kepada para peserta. Serta merasa bangga terhadap mereka para generasi muda yang mengikuti kegiatan tersebut. Karena dengan mengikuti kegiatan tersebut mereka tentu mengetahui betapa pentingnya pengetahuan tetntang bela negara. Sehingga menyadari betul apakah itu bela negara, yang akan tertanam pada jiwa mereka, serta akan mendapatkan bekal untuk masa depan.

Kegiatan PKBN sendiri akan di isi dengan berbagai kegiatan, baik pendidikan fisik oleh instruktur dari Kodim, maupaun penyampaian materi. Dengan menghadirkan 6 nara sumber, salah satunya Dandim 0707. Sementara peserta diambil dari 10 Sekolah. Setiap sekolah mewakilkan empat siswa, 2 putra dan 2 putri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *