Pentingnya Wawasan Kebangsaan di Era Milenial

by -148 views

WONOSOBOZONE – Untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), pengetahuan dan pemahaman tentang Wawasan Kebangsaan sangatlah penting bagi setiap warga negara. Demikian disampaikan Sekretaris Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah, Drs. Suwondo, M.Si, pada acara Penguatan Rekonsiliasi Elemen Masyarakat Dalam Rangka Peningkatan Wawasan Kebangsaan. Bertempat di Hotel Surya Asia Wonosobo, Selasa (13/3).

Suwondo juga menyampaikan bahwa situasi dan suasana lingkungan yang terus berubah, sejalan dengan proses perkembangan kehidupan bangsa dari waktu ke waktu, menuntut semuanya untuk terus memahami serta mempedomani secara baik ajaran yang terkandung di dalam konsepsi wawasan kebangsan. “Hal ini akan menumbuhkan keyakinan dan kepercayaan dari setiap warga bangsa tentang posisi dan peran masing masing di tengah tengah masyarakat yang serba majemuk,” ungkap Suwondo.

Sementara Wakil Bupati Wonosobo, Ir. Agus Subagiyo, M.Si, saat membuka acara menyampaikan bahwa pemahaman tentang wawasan kebangsaan sangatlah penting, apalagi bagi generasi muda sebagai penerus bangsa. Karena generasi muda merupakan penerus bangsa yang diharapkan akan membawa kemajuan pembangunan dan keutuhan NKRI baik dimasa sekarang ataupun nanti.

Agus juga menyampaikan bahwa pemahaman wawasan kebangsaan dan permasalahannya, akan menumbuhkan kecintaan terhadap negara dan masyarakat. “ Wawasan kebangsaan juga bisa menjadi perekat seluruh rakyat, untuk mempertahankan kesatuan dan persatuan bangsa dalam wadah NKRI,” pungkas Agus Subagiyo.

Pada kegiatan penguatan rekonsiliasi elemen masyarakat dalam rangka peningkatan wawasan kebangsaan yang diikuti oleh 150 peserta dari pelajar, guru, tokoh agama dan tokoh masyarakat wonosobo ini, sebagai narasumber adalah Dr. Agus Supriyanto, M.Si, Dosen Universitas PGRI Semarang, yang menyampaikan materi Implementasi Wawasan Kebangsaan dalam Penyelesaian Konflik Sosial. Dr. HZ. Sukawi, MA, Dosen Unsiq, yang menyampaikan materi Pemantapan Wawasan Kebangsaan di Tengah Arus Proxy War. Didik Wibawanto, Kepala Kantor Kesbangpol Wonosobo, yang menyampaikan materi Implementasi Wawasan Kebangsaan di Tengah Masyarakat Plural. Dr. Hery Santoso, MA, Dosen UGM Yogyakarta, yang menyampaikan materi Aktualisasi Wawasan Kebangsaan pada Era Milenial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *