Pendidikan Politik, Bentuk Caracter Building Politism

by -49 views

WONOSOBOZONE – Wakil Bupati Wonosobo, Ir. Agus Subagiyo, M.Si,  minta pendidikan politik harus diberikan sejak dini sebagai caracter bulding politism atau pembinaan karakter jiwa nasionalisme, sebagai landasan pengetahuan tentang politik. Hal ini ditegaskannyasaat membuka Kegiatan Pendidikan Politik Bagi Pemilih Muda, yang digelar Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). Bertempat di Pendopo Wakil Bupati, Senin (26/2).

 

Agus juga memberikan apresiasi dan dukungan terhadap kegiatan sejenis, sebagai landasan pengetahuan untuk mendewasakan politik, serta bagaimana menanamkan jiwa politik bagi masyarakat terutama para pelajar/pemuda sebagai pemilih muda/pemula sehingga memahami dan menganggap politik itu sebagai sesuatu yang indah dan merubah pemahaman politik dari negatif ke positif, untuk mewujudkan demokrasi yang santun.

 

“ Apalagi di tahun 2018 dan 2019 merupakan tahun politik, dimana di tahun 2018 akan dilaksanakan Pilkada Serentak dan di tahun 2019 akan dilaksanakan Pilpres dan Pileg, jadi pendidikan politik bagi pemilih muda/pemula sangatlah penting, “ pungkas Wakil Bupati.

 

Sementara dijelaskan Kepala Kantor Kesbangpol, Didik Wibawanto, kegiatan ini sebagai sarana sosialisasi peningkatan kesadaran dan partisipasi politik tentang etika politik, mengembangkan budaya politik,serta etika demokratis kepada generasi muda, pelajar, dan pemilih pemula, untuk mewujudkan karakter bangsa yang tangguh dan santun, agar mengetahui proses pengembalian kebijakan oleh Pemerintah serta menyiapkan generasi muda menjadi pemilih yang rasional, cerdas dan bertanggung jawab.

 

Didik juga menyampaikan dengan adanya pendidikan politik bagi pemilih pemula ini diharapkan akan meningkatkan partisipasi politik masyarakat, sebagai upaya menyikapi situasi dan kondisi politik, membangun kerjasama dan peningkatan peran serta masyarakat serta mendorong motivasi masyarakat untuk mewujudkan dinamika politik yang mencerminkan budaya dan etika politik untuk ciptakan iklim politik yang sejuk, demokratis, sehat, santun dan dinamis.

 

Pendidikan politik bagi pemilih muda ini diberikan kepada 200 siswasiswi SMA/SMK se-Kabupaten Wonosobo, selama dua hari Senin dan Selasa, dengan 3 nara sumberdari KPU Wonosobo, Ketua Komisi A DPRDWonosobo dan dari Panwaslu Kabupaten Wonosobo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *