SWB Peduli Lingkungan

by -48 views

WONOSOBOZONE – Kepedulian terhadap lingkungan kembali ditunjukkan oleh Komunitas Sedulur Wonosobo Bersatu “SWB”. Setelah akhir tahun lalu melakukan penanaman 1000 bibit pohon pinus di kawasan hutan pinus si kenci desa pulosaren kecamatan kepil kabupaten Wonosobo. Pada Minggu 25/2/18 SWB melakukan penanaman untuk penghijauan di sepanjang pinggir – pinggir jalan sejauh 5 kilometer dari Desa Limbangan Kecamatan Watumalang sampai Desa Gunturmadu Kecamatan Mojotengah.
Adiono Orlando selaku Ketua SWB mengatakan bahwa jenis pohon yang ditanam beragam, mulai dari pohon jemitri, mahoni, randu dan jenis pohon rindang lainnya. Selain sebagai peneduh, pohon – pohon yang ditanam nantinya diharapkan dapat mengurangi polusi udara di lingkungan sekitar. Dalam kegiatan bakti sosial tersebut, SWB juga mengajak komunitas – komunitas lain yang ada di Wonosobo untuk ikut berpartisipasi menjaga lingkungan.

“Ada banyak Komunitas yang hadir, seperti Komunitas Wonosobo Asri, Komunitas Jalan – jalan Silaturahmi, Paguyuban Wonosobo, Wonosobo Chat Room, Pecinta Seni Wonosobo, Komunitas Temen Kholik, Relawan Watumalang, Wonosobo Smule Lover, Persatuan Pemuda – pemudi Wonosobo dan Komunitas – komunitas lainnya”, ungkap Adiono.

Selain para Komunitas, acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Desa setempat, Danramil serta Kapolsek Kecamatan Watumalang. Sebelum membuka acara, dalam sambutannya, Kepala Desa Limbangan mengucapkan terima kasih kepada SWB atas kepedulian nya terhadap lingkungan desa Limbangan.

Adiono mengatakan bahwa melalui acara sosial yang bertema SWB peduli penghijauan itu, SWB ingin meningkatkan kesadaran masyarakat terutama para Anggota nya untuk lebih peduli dan mencintai lingkungan.

Kedepan, SWB yang anggotanya mencapai 30 ribu di grup jejaring media sosial facebook itu, akan membentuk tim relawan untuk membantu BPBD dan Tim Sar dalam penanganan bencana. Koperasi pun juga sudah direncanakan akan dibentuk sebagai wadah usaha para Anggota.

Sedikitnya ada 200 lebih Anggota aktif dan sudah ber-KTA. Karena pihak SWB telah bekerjasama dengan lembaga keuangan, maka setiap KTA akan mendapatkan nomor rekening tabungan.

Adiono berharap SWB semakin kompak, semakin solid dan semakin diterima masyarakat serta semakin giat melakukan bakti sosial ataupun kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *