Peringati HPSN, Lounching TBBS

by -29 views

WONOSOBOZONE – Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2018, Pemerintah Daerah Kabupaten Wonosobo melalui Dinas Lingkungan Hidup melounching Kegiatan Tiga Bulan Bersih dari Sampah (TBBS), yang di lounching langsung oleh Bupati Wonosobo. Bertempat di Ruang Rapat Mangoenkoesoemo Setda, Kamis (22/2).

Bupati Wonosobo, Eko Purnomo, SE. MM, pada kesempatan itu menyampaikan bahwa kegiatan Tiga Bulan Bebas dari Sampah (TBBS) merupakan salah satu strategi dan gerakan nyata dari program peningkatan kinerja dalam persampahan serta dilatarbelakangi oleh keprihatinan akan semakin meningkatnya timbunan sampah dan permasalahan sampah dari hari-kehari.Pengelolaan sampah, baik itu kegiatan kebersihan lingkungan maupun pengolahan sampah ditingkat masyarakat masih belum dilaksanakan secara maksimal dan menyeluruh, serta perlu ditingkatkan dan digalakkan, serta sepatutnya menjadi sebuah kebutuhan dalam rangka untuk menciptakan budaya hidup bersih dan sehat yang berwawasan kelestarian lingkungan hidup.

Pada kesempatan itu Eko Purnomo mengajakseluruh perangkat daerah serta pimpinan wilayah, baik darti tingkat kecamatan, desa dan kelurahan, kepala dusun RW hingga RT, maupun pimpinan organisasi kemasyarakatan, tokoh masyarakat, tokoh agama dan segenap komponen masyarakat Wonosobo untuk mengaktifkan kembali kegiatan-kegiatan yang memiliki daya ungkit bagi kelestarian lingkungan hidup, seperti gerakan kebersihan rutin berkala, kegiatan Jum’at Bersih, penanaman pohon dan kegiatan lainnya.

terkait dengan Kegiatan Tiga Bulan Bersih Dari Sampah (TBBS) di Kabupaten Wonosobo, saya menghimbau kepada seluruh kepala perangkat daerah dan pimpinan wilayah, untuk melaksanakannya dan melaporkan pelaksanaanya secara tertulis dilengkapi foto dan video yang teknisnya akan disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup sebagai leading sektor,” himbau Eko Purnomo.

Selain Lonching Kegiatan TBBS, pada kesempatan itu juga dilaksanakan sosialisai dan koordinasi kegiatan TBBS. Dan penyerahan 5 sepeda motor roda tiga pengangkut sampah kepada 5 Desa/Kelurahan Kelompok Pengelola Sampah Mandiri (KPSM).

Pada sosialisasi dan koordinasi kegiatan TBBS yang diikuti oleh SKPD, Camat, Kades dan Lurah KPSM, serta kelompok penggiat lingkungan ini, selaku pemateri adalah Kepala Bappeda Kabupaten Wonosobo yang menyampaikan Kebijakan Persampahan. Kepala Dinas Lingkungan Hidup yang menyampaikan materi Sayangi Bumi, Bersihkan dari Sampah. Kasubag Pemerintahan Desa Bagian Pemerintahan Setda Wonosobo yang menyampaikan materi Kegiatan Pengelolaan Bidang Persampahan Bagi Pemerintah Desa dan Kelurahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *