Semarak HUT MAN Wonosobo

by -113 views


WONOSOBOZONE – Suasana kampus Madrasah Aliyah Negeri I (MAN 1) Wonosobo, kemarin, lain dari biasanya. Jika pada hari sebelumnya tampak lengang karena siswa dan guru mengikuti proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas, kali ini terlihat semarak dan hinggar bingar.

Kenapa? Ya, karena selama tiga hari, madrasah yang terletak di Mendolo Bumireso itu, tengah menggelar berbagai kegiatan dalam rangka menyemarakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 40 MAN Wonosobo.

Humas Panitia HUT MAN, H Ma’ruf mengatakan ada beragam lomba yang digelar di komplek madrasah tersebut. Yakni, lomba volly, lomba mata pelajaran (Mapel) matematika/IPA dan lomba rebana antar siswa SMP/MSs se-Wonosobo.

“Selain guna menyemarakan HUT MAN 1 Wonosobo, lomba tersebut digelar untuk menggali bibit-bibit prestasi bagi siswa SMP/MTs di bidang seni rebana, olah raga volly dan akademik.” kataya di sela-sela pagelaran lomba.

Suasana kian semarak karena dalam lomba rebana, turut hadir pula Wafiq Azizah, salah satu vokalis lagu-lagu religi dan pelantun sholawat Nabi Muhammad SAW, yang sangat populer dikalangan remaja dan mempunyai suara sangat merdu.

Disebutkan Ma’ruf, antusiasme siswa-siswi SMP/MTs dalam mengikuti lomba sangat tinggi. Hal itu dibuktikan dengan peserta lomba yang membludak. Lomba Volly diiuti putra 16 tim dan lomba volly putri 11 tim.

Sementara lomba Mapel diikuti 90 siswa-siswi SMP/MTs dan lomba rebana diikuti 15 grup, Kemampuan peserta dan tim lomba juga di atas rata-rata sehingga terjadi persaingan yang ketat untuk meraih juara.

Peraih Juara

Adapun peraih juara 1-3 volly putra SMPN 2 Wadaslintang, SMP Muhammadiyah Leksono, SMPN 1 Kalibawang dan MTs Negeri Wonosobo. Juara 1-3 volly putri SMPN 2 Wadaslintang, SMPN 1 Kaliwiro, SMPN 1 Garung dan MTs Ma’arif Kertek.

Sedang juara 1-3 lomba rebana, MTs Berbaur Sapuran, MTs Ma’arif Kertek dan MTs Negeri Wonosobo. Juara 1-3 lomba Mapel M Haekal Fidar (MTs Ma’arif Kertek), Arina Khusnayani (SMP Al Madina Wonosobo) dan Meilina Hayuningrum (SMPN 1 Leksono).

Selain menggelar lomba seni, olah raga dan mapel, dalam rangkaian acara HUT MAN ke 40 juga dilaksanakan mujahadah atau doa bersama yang diikuti oleh seluruh keluarga MAN Wonosobo, yakni guru, karyawan dan siswa di kampus MAN 1 setempat.

Kepala MAN Wonosobo M Warsam mengatakan mujahadah atau doa bersama digelar dalam rangka memohon kepada Allah SWT agar ke depan MAN bisa lebih maju lagi dan prestasi gembilang di bidang seni, olah raga maupun akademik selalu diraih oleh siswa-siswi MAN.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam HUT ke 40 ini MAN Wonosobo juga memberikan santunan berupa uang tunai kepada beberapa siswa-siswi yang berasal dari keluarga mampu dan yatim piatu”, tegas M Warsam.

Pelaksanaan prosesi HUT ke 40 MAN Wonosobo juga ditandai dengan pelepasan balon oleh Kepala Kementerian Agama Wonosobo H M Tobiq di halaman madrasah setempat. “Saya mengapresiasi semangat keluarga MAN 1 Wonosobo dalam menyemarakan HUT”, katanya.

Sejauh ini MAN 1 Wonosobo mengalami perkembangan yang cukup pesat. Berbagai prestasi di bidang seni, olah raga dan akademik kerap dicapai oleh siswa-siswi madrasah yang memilki program ungglan hafidz (hafalan Al Qur’an) tersebut.

Bahkan sejumlah alumninya ada yang pernah jadi Bupati Wonosobo, pejabat di daerah, meniti karir sebagai anggota DPRD, menjadi pengusaha, PNS, anggota TNI/Polri, jurnalis dan pengasuh pondok pesantren.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *