Korupsi, Mantan Kades ditangkap

by -70 views

WONOSOBOZONE – Polisi menetapkan mantan kades sikunang berinisial R (40) sebagai tersangka kasus penyelewengan dana desa yang diperuntukkan untuk keperluan pemberdayaan masyarakat desa dan operasional pemerintah desa.

Kapolres Wonosobo melalui Kasat Reskrim Polres Wonosobo, AKP Edy Istanto, S.H. mengatakan kasus korupsi tersebut terjadi saat desa Sikunang menerima Dana Transfer Desa (DTD) dari pemerintah sejumlah 594 juta 63 ribu rupiah pada tahun 2015.

“Berdasarkan hasil audit inspektorat wonosobo dan juga para saksi ditemukan adanya penyelewengan dana sebesar Rp 298.594.798. 60“, terang Edy saat melakukan ungkap kasus tersebut di Mapolres Wonosobo, (22/01/18)
.
Dana tersebut, lanjut Edy malah digunakan untuk kepentingan pribadi pada saat tersangka menjabat sebagai Kepala Desa tahun 2015 sehingga mengakibatkan kerugian negara.
.
Edy pun menghimbau kepada seluruh kades untuk berhati hati dalam menggunakan dana desa bila nasibnya tidak ingin seperti lurah Desa Sikunang yang terancam hukuman seumur hidup dan minimal 4 tahun.
.
Saat diwawancarai oleh wartawan, tersangka mengakui kesalahannya dan juga sempat memberikan himbauan kepada para kades agar selalu amanah dalam menjalankan tugasnya.
.
“Untuk yang menjabat sebagai Kades, gunakanlah dana desa sesuai dengan peruntukannya dan mengacu pada anggaran pendapatan belanja desa”, tutur tersangka yang ditangkap di rumah saudaranya di Mandiraja Purbalingga (17/01/18)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *