Melawan Petugas, Seorang pengendara motor ditangkap

by -33 views

WONOSOBOZONE – Seorang pengendara sepeda motor harus berurusan dengan hukum lantaran melakukan pemukulan terhadap petugas kepolisian yang tengah berdinas.

Tersangka warga Wonosobo berinisial PST (55) ditangkap Satuan Reserse Kriminal Polres Wonosob dan dikenakan pasal 212 KUHP, dengan ancaman hukuman maksimal 1,4 tahun penjara.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Wonosobo, AKP Edy Istanto menyebutkan, kronologi kejadian, saat itu korban Hendrix Dwihandaru (24), tengah melaksanakan pengaturan arus lalu lintas di Simpang Empat Muntang. Saat itu kebetulan sedang terjadi kecelakaan lalu lintas, sehingga petugas berupaya mengatur arus lalu lintas yang mengalami kemacetan. Korban menghentikan pelaku yang mengendarai sepeda motor berjalan ke arah Jalan S Parman Wonosobo.

“Sehubungan dengan terjadinya kecelakaan di depan bengkel Kompo Motor, petugas berupaya melakukan buka tutup arus demi kelancaran lalu lintas. Korban berupaya menghentikan kendaraannya, namun pelaku tetap memaksa menyerobot arus. Namun, petugas berupaya menghalangi. Tak terima dihentikan petugas, pelaku mengeluarkan ungkapan kecewaan bernada keras,” ujarnya saat ungkap kasus di Mapolres Wonosobo didampingi Kasubbag Humas Polres Wonosobo, AKP Marino, kemarin.

Mendengar ungkapan kekecewaan pelaku bernada keras, korban menghampiri pelaku. Namun, pelaku tetap memaksa memacu kendaraannya. Geram dengan tingkah pelaku, korban berupaya mematikan paksa kendaraan milik pelaku. Selepas mengambil kunci kontak sepeda motor pelaku, korban berupaya menanyakan surat-surat kelengkapan berkendara pada pelaku. “Tapi pelaku tetap tidak terima dan berupaya mengambil kunci sepeda motornya,” imbuh dia.

Tangan korban terus ditarik pelaku guna merebut kunci sepeda motor yang diamankan petugas. Hingga akhirnya terjadi keributan yang menimbulkan tangan pelaku mengenai pelipis korban yang bertugas. Pet (topi) polisi yang tengah dikenakan korban sempat jatuh ke jalan. Tak berhenti disitu, pelaku masih tak terima dan melepas helm yang dikenakan, kemudian melemparnya. Pelaku juga sempat melontarkan beberapa ungkapan kasar kepada petugas.

Karena lokasi kejadian tidak jauh dari pos polisi, akhirnya pelaku dibawa ke pos lalu lintas, kemudian diamankan ke Mapolres Wonosobo, guna dimintai keterangan lebih lanjut. Atas kejadian tersebut, petugas mengamankan barang bukti seragam dan pet Polri milik korban. “Karena melawan pengawai negeri yang sedang melakukan pekerjaan yang sah, sebagaimana dalam pasal 212 KUHP, pelaku diancam hukuman maksimal 1,4 tahun,” bebernya.

Dari keterangan pelaku Petrus, dirinya tidak bermaksud memukul korban, namun hanya ingin merebut kunci sepeda motor yang dibawa korban. Dia juga melakukan permohonan maaf terhadap korban, serta intitusi kepolisian, karena telah khilaf melakukan perlawanan terhadap petugas. “Saya tidak sengaja melakukan itu. Saya minta maaf. Saya berharap permasalahan ini dimediasi dengan cara kekeluargaan saja,” harapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *