Homestay TIC-Kopari Dieng Tawarkan Kenyamanan Yang Terjangkau

by -159 views

WONOSOBOZONE – Antusiasme wisatawan untuk berkunjung ke kawasan wisata dataran Tinggi Dieng tak pernah surut. Selaras dengan itu, peluang usaha rumah inap alias homestay untuk mengakomodasi kebutuhan menginap para wisatawan pun semakin terbuka. Koperasi Pariwisata (Kopari) Wonosobo termasuk salah satu yang berupaya menangkap peluang tersebut dengan membuka homestay tepat di Jantung Dieng, tak jauh dari terminal angkutan umum. Homestay TIC-Kopari, nama penginapan dengan fasilitas cukup lengkap tersebut, menawarkan kenyamanan bagi setiap tamu yang datang untuk menikmati keindahan Dieng.


Ketua KOPARI Wonosobo, Bambang Sutejo ketika ditemui di Homestay TIC-Kopari, Kamis (4/1) mengakui inisiatif untuk membuka penginapan di gedung Tourist Information Center (TIC) dilatarbelakangi pemikiran agar gedung tersebut dapat berfungsi lebih produktif. “Gedung TIC ini sudah cukup lama berdiri, namun secara fungsi menjadi kurang optimal karena tidak banyak dimanfaatkan dan bahkan cukup lama dibiarkan dalam kondisi mangkrak,” terang Bambang.


Mengingat kebutuhan penginapan di Dieng yang beberapa waktu terakhir cukup tinggi, pihak Kopari Wonosobo diakui Bambang kemudian mengusulkan penambahan fungsi gedung tersebut. Selain dekat dengan berbagai objek wisata di kawasan Dieng, seperti Telaga Warna, Candi Arjuna, Dieng Plateu Theatre dan Bukit Ratapan Angin serta sejumlah kawah, homestay TIC-Kopari dikatakan Bambang memiliki fasilitas kamar yang sangat nyaman. “Tipe kamar mulai dari yang termurah untuk tamu rombongan, tipe standar untuk 2 orang per kamar hingga tipe kamar VIP tersedia di Homestay TIC-Kopari Dieng,” bebernya.


Secara harga, Bambang memastikan bahwa pihaknya selaku pengelola menerapkan standar harga untuk setiap tipe kamar secara proporsional. Seperti halnya pada waktu liburan natal dan akhir tahun beberapa waktu lalu, Bambang mengaku kamar di semua tipe habis dipesan wisatawan. “Para tamu yang menginap di TIC-Kopari rata-rata juga mengaku puas dengan fasilitas yang ada, dan juga merasa efektif mengingat jarak dengan objek wisata tujuan tidak menguras banyak tenaga,” tandasnya. Ke depan, sejumlah pembenahan menurut Bambang juga akan terus dilakukan demi memberikan kenyamanan kepada setiap tamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *