Bina WBP, Rutan Wonosobo Programkan 3 Jenis Usaha di 2018

by -12 views

WONOSOBOZONE – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kabupaten Wonosobo tengah menargetkan sedikitnya tiga jenis usaha disepanjang tahun 2018. Hal tersebut disampaikan Kepala Rutan Wonosobo, Akbar Amnur disela apel akhir tahun yang mengangkat kegiatan kunjungan serentak semua keluarga Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Sabtu (30/12). Akbar menyebut beberapa usaha yang akan dibuka ditujukan untuk memberikan pembinaan para WBP agar dalam menunggu masa pembebasan menjadi produktif. “Selama ini para tahanan hanya tidur, makan, tidur, makan. Ya sih ada beberapa yang produktif dengan menjadi tukang atau melukis. Tetapi masih banyak yang belum menggunakan tenaga dan pikirannya karena belum ada wadahnya. Nah beberapa usaha ini akan kami buka sebagai wadah mereka, agar tidak terlarut dalam keputusasaan,” terang Akbar kepada wartawan.

Tiga usaha yang akan dibuka, menurut Akbar adalah usaha Loundry, cucian motor maupun mobil dan pertanian sekaligus perikanan. Untuk Loundry, lanjutnya, akan diproyeksikan untuk WBP wanita yang berjumlah 5 orang. Sedangkan dua usaha lain akan memberdayakan WBP laki-laki. “Jika profit, akan kami bagikan kepada para tahanan yang bekerja sebagai bekal ketika sudah bebas maupun buat keluarga mereka. Kami juga membuka untuk para investor apabila ingin membangun usaha bersama kami, karena kami memiliki SDM dan lokasi,” ungkap Akbar.

Menanggapi hal tersebut, salah satu Nara Pidana (Napi) yang tidak ingin disebutkan namanya mengaku sangat antusias terhadap program usaha yang akan dibuka oleh Rutan Wonosobo. Ia mengatakan wadah yang tengah direncanakan tersebut akan dapat membina dirinya sekaligus mengisi waktu yang telah ia sia-siakan dengan hal yang bukan produktif. “Meskipun kami di rutan, kami juga membutuhkan pembinaan. Semoga dengan adanya hal ini menyadarkan kami untuk tidak kembali melanggar hukum,” pungkasnya usai melakukan penandatanganan doa dan harapan yang diabadikan pada spanduk yang ditempatkan di dinding besar Rutan Wonosobo. (Ard)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *