40 Grahita Terima Bantuan

by -21 views

WONOSOBOZONE – Sebanyak 40 orang disabilitas intelektual/grahita dari Kecamatan Watumalang, Leksono dan Selomerto menerima bantuan Program Rehabilitasi Sosial Berbasis Keluarga (PRSBK) Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Grahita (BBRSBG Kartini) Temanggung dan Dinas Sosial dan PMD Kabupaten Wonosobo, bertempat di Pendopo Wakil Bupati Wonosobo, Kamis (28/12).

Menurut Kepala Dinas Sosial PMD Kabupaten Wonosobo, Muawal Sholeh, bantuan yang diberikan kepada 40 orang Grahita berupa Kambing sebanyak 80 ekor (40 jantan dan 40 betina), masing masing grahita memperoleh sepasang kambing jantan dan betina, yang berasal dari APBD Kabupaten Wonosobo 2017 dan BBRSBG Temanggung.

Muawal juga menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah untuk memberikan pelayanan dan rehabilitasi serta berupaya memberikan pendampingan bagi grahita, agar dapat berfungsi sosial secara psikologis. Selain itu juga memberikan pelayanan dan motivasi bagi grahita dan keluarga dalam menjalani kehidupan sehari hari.

Pada kesempatan itu Kepala BBRSBG Temanggung, Murhardjani, juga menyampaikan bahwa penyandang disabilitas intelektual/grahita memang perlu perhatian khusus. Selain penerima manfaat, keluarga juga menjadi faktor penting dalam kehidupan grahita. “pelayanan rehabilitasi sosial tidak akan berhasil bila tidak ada kepedulian atau partisipasi dari keluarga, oleh karena itu edukasi tentang bagaimana merawat dan memperlakukan grahita sangat diperlukan bagi keluarga penerima manfaat,” pungkas Murhardjani.

Selain bantuan berupa kambing, grahita juga menerima bantuan berupa paket sembako dan paket peralatan mandi. Selain itu BBRSBG Temanggung dan Dinas Sosial PMD Kabupaten Wonosobo juga melakukan pendampingan terhadap 40 penerima manfaat dan keluarga untuk memberikan edukasi tentang bagaimana merawat dan memperlakukan grahita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *