PPL ASRI Gelar Lomba Daur Ulang Sampah

by -45 views

WONOSOBOZONE – Paguyuban Penggiat Lingkungan (PPL) ASRI Wonosobo, kembali menunjukkan aksi nyata dalam upaya mereka menggugah kesadaran warga masyarakat terhadap pentingnya pengelolaan sampah secara mandiri. Dalam gelar pesta ekonomi kreatif yang dihelat di Gerbang Mandala Wisata Wonosobo belum lama ini, PPL ASRI turut berpartisipasi dengan membuka stand untuk memamerkan beragam jenis produk hasil olah daur ulang limbah. Tak hanya itu, dalam kesempatan tersebut, ASRI juga mengajak masyarakat untuk berkompetisi mengolah limbah dengan menggelar Lomba Kerajinan Daur Ulang. 


Ketua PPL ASRI,  Farida Astuti ketika ditemui di kediamannya, Selasa (26/12) menuturkan ihwal ide diadakannya lomba tersebut. Menurut Farida, pihaknya merasa perlu membuka kesadaran masyarakat akan potensi ekonomi di balik permasalahan sampah. “Lomba ini bertujuan mengurangi volume sampah tas plastik, kain bekas payung, limbah kayu dan limbah kelapa alias batok yang dibuang, kemudian memberikan nilai tambah limbah tersebut dengan di daur ulang sebagai kerajinan, serta memanfaatkan bahan baku murah di lingkungan sekitar utk menambah penghasilan keluarga,” ungkap Farida. 


Untuk peserta lomba, Farida menyebut seluruh masyarakat wonosobo yang tertarik dengan kerajinan daur Ulang diperbolehkan turut ambil bagian. Hasilnya, sebanyak 23 peserta dari seluruh Kecamatan se-Wonosobo, akhirnya mengikuti even yang dibiayai Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten itu. Setelah dinilai, Farida mengungkap 6 peserta yang berhak mendapatkan predikat sebagai juara. “Juara pertama adalah peserta asal Kecamatan Sukoharjo yang berhasil membuat tas dari anyaman plastik kresek,” bebernya. Sementara untuk juara kedua dan ketiga, Farida menyebut kreasi lampu dari batok kelapa asal Kecamatan Kaliwiro dan produk bunga dari tas kresek kreasi peserta asal Kecamatan Wonosobo sebagai peraihnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *