​95 Anak Ikut Khitan Massal Baznas Wonosobo

by -295 views

WONOSOBOZONE – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Wonosobo kembali menyelenggarakan khitanan massal bagi anak-anak kategori kurang mampu, Rabu (27/12). Dari 120 anak yang mendaftarkan diri, hanya 95 anak yang pada akhirnya bersedia menjalani khitan di RSUD Setjonegoro tersebut. Menurut Isnanto, salah satu panitia penyelenggaraan khitan massal kerjasama Baznas dengan RSUD Setjonegoro itu, sejumlah anak yang akhirnya mengundurkan diri mengaku masih takut disunat, sementara sebagian lainnya beralasan akan sunat secara mandiri. “Yang khitan akhirnya hanya 95 anak dari semua Kecamatan kecuali Wadaslintan dan Kepil, karena ada yang memang belum berani dan ada pula yang orang tuanya berkeinginan mengkhitankan anaknya sendiri,” terang Isnanto ketika ditemui di sela mendampingi Wakil Bupati Agus Subagiyo dan Dandim 0707 Wonosobo Letkol CZI Fauzan Fadli meninjau pelaksanaan khitan massal.

Pihak Baznas selaku penyelenggara, diakui Ketuanya H Syarif Hidayat memang tidak memaksakan peserta yang telah mendaftarkan diri untuk harus menjalani khitan. Masing-masing anak maupun orang tua, menurut Syarif berhak menentukan apakah akan meneruskan khitan di RSUD, atau menunda dengan alasan sendiri-sendiri. Bagi yang mendaftar pada saat khitan sudah dimulai pun, Baznas selaku penyelenggara tetap memperbolehkan. “Setiap anak yang mengikuti khitan massal ini juga kami berikan bantuan berupa uang saku sebesar 200 Ribu Rupiah ditambah satu set pakaian muslim mulai dari kopiah, kemeja, sarung sampai sendal dan ditambah satu Al Qur’an,” jelas Syarif. Seusai sunat, setiap peserta beserta orang tua pendamping mereka juga disediakan makanan ringan dan nasi beserta lauk. Pihak Baznas dikatakan Syarif sengaja memilih RSUD Setjonegoro mengingat tenaga medis yang tersedia dinilai sudah kompeten untuk menangani khitan dalam jumlah banyak.

Fasilitasi khitan massal oleh Baznas Wonosobo tersebut mendapat apresiasi dari Wakil Bupati, Agus Subagiyo. Agus yang meninjau acara bersama Komandan Kodim yang baru, Letkol CZI Fauzan Fadli mengakui, peran Baznas untuk membantu warga, terutama kalangan kurang mampu sangat terasa. “Tahun ini setidaknya ada anggaran lebih dari 1,1 Milyar Rupiah yang telah ditasyarufkan oleh Baznas untuk berbagai kegiatan sosial seperti keagamaan, kesehatan, dan lain sebagainya,” beber Agus. Mengingat peran penting Baznas itulah, Wabup berpesan kepada para PNS di lingkup Pemkab Wonosobo agar terus mendukung semua program Baznas. “Kepala Bagian Kesra saya minta untuk membuat surat edaran kepada semua OPD sampai BUMN/BUMD agar mendukung Baznas,” pungkas Wabup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *