​Tokoh Agama Berperan Awasi Pelanggaran Money Politic dalam Pilgub 2018

by -106 views

WONOSOBOZONE – Setelah adakan FGD bersama lembaga pendidik beberapa waktu lalu, Bawaslu Kabupaten Wonosobo kembali adakan Rakor dengan Stakeholder di Hotel Kresna Wonosobo Rabu (20/12). 
Melalui tema “Peran Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Pemilu Yang Demokratis Dan Bermartabat” diharapkan Tokoh Agama dapat berperan untuk mengawasi dan mengantisipasi banyaknya pelanggaran pemilu pada Pilgub 27 Juni 2018 terutama money politic.

Ketua Panwaskab Kabupaten Wonosobo, Eko Fifin Hariyanti,S.H mengatakan bahwa money politic tidak hanya berupa uang, tapi juga dalam bentuk barang atau materi. Seperti misalnya di beberapa daerah, tempat-tempat ibadah menjadi sasaran yang dituju untuk mendapatkan sumbangan bantuan berupa alat-alat peribadatan. Sehingga pihaknya menggandeng tokoh agama yang dirasa cukup efektif memberikan sosialisasi kepada keluarga, masyarakat, maupun kepada jamaahnya.

Acara yang diawali Doa dari masing-masing perwakilan Tokoh Agama ini dilanjutkan pemberian materi oleh Narasumber H.Zaenal Sukawi selaku Ketua FKUB Kabupaten Wonosobo yang menyampaikan suksesnya sebuah pemilihan umum atau pemilu adalah dari pemilih yang cerdas. Dimana pemilih cerdas paham akan apa dan siapa yang dipilih, paham dengan setiap tahapan pemilu, mengetahui dampak dan implikasinya, dan ikut serta dalam melakukan pengawasan. 

Sukawi juga menambahkan bahwa untuk menuju demokrasi yang berkualitas adalah bagaimana kita bisa meinimalisir pelanggaran dan meningkatkan partisipasi pemilih. Memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk lebih melek politik dan melek hukum. Hal ini tidak hanya tugas dari tokoh agama, stakeholder, maupun panitia pengawas pemilu namun membutuhkan peran serta dari masyarakat kabupaten wonosobo pada khususnya dan sebagai warga negara undonesia yang baik pada umumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *