Siswa SMP N 4 Kertek Ikuti Outbond di Batalyon Armed 3 Magelang

by -117 views


WONOSOBOZONE – Sudah sejak pagi hari sejumlah 200 siswa siswi dan para guru selaku pendamping dari SMPN  4 Kertek begitu antusias menanti kedatangan tujuh buah truk dari Batalyon artileri Medan 3 Naga Pakca atau yon armed 3 /105 Tarik Magelang. Para siswa rela membawa berbagai macam perbekalan mulai dari tikar,makanan ringan hingga baju ganti  demi mengikuti kegiatan akhir sekolah usai diselenggarakannya ulangan akhir semester,  tak segan mereka melumuri wajah-wajah nan polos dengan pewarna hijau lumut agar terlihat seperti tentara sungguhan.

Menurut Saryono,M.Pd selaku kepala sekolah SMP N 4 Kertek saat ditemui diruang kantor menjelaskan, outbond yang bertempat di Batalyon Artileri Medan 3 Naga Pakca tersebut merupakan kegiatan pembelajaran perilaku kepemimpinan dan manajemen di alam terbuka dengan pendekatan yang unik nan kreatif serta sederhana tetapi efektif yang di mulai dari hari sabtu pagi hingga minggu sore.

Pada intinya, para siswa dilatih untuk menerapkan elemen-elemen dasar yang bersifat keseharian, secara praktikal berturut-turut para siswa digembleng berbagai macam kegiatan fisik dan non fisik tetapi dalam batas-batas kemampuan siswa dengan didampingi para intruktur dari anggota Yon Armed 3 Magelang yang telah berpengalaman dan profesional di bidangnya.

 “kegiatan ini bukan hanya untuk membentuk anak-anak menjadi pribadi yang disiplin saja, akan tetapi sifat patuh dan beretika serta sopan santun juga bisa ditumbuh kembangkan dikegiatan tersebut.”tegasnya (16/12)

Outbond yang bertempat di batalton armed 3 Magelang merupakan pelaksaanaan rencana kegiatan yang telah disepakati oleh para orangtua dan pihak sekolah sejak dua bulan yang lalu imbuhnya.

Sementara itu, ketua pelaksana kegiatan outbond Yon armed 3 magelang  Letda Arm Bungsu Yukiyanto ST.Han. dalam wawancara singkatnya juga menyampaikan bahwa  outbond sudah sejak lama menjadi program tahunan di Batalyon Artileri Medan 3 Naga Pakca. Bukan hanya dari siswa sekolah saja akan tetapi partisipan para peminat baik dari kalangan instansi atau umum juga cukup banyak.

“khusus untuk siswa-siswi SMPN 4 Kertek kami sudah mengatur jadwal yang cukup padat mulai dari pembekalan materi bela negara hingga kegiatan outbond tahap demi tahap”tuturnya.

Ia juga memaparkan bahwa bela negara yang dimaksudkan dalam upaya pembekalan ialah susunan konsep yang terencana dan diatur oleh perundang-undangan mengenai sikap patriotisme dari berbagai pihak dalam usaha mempertahankan kepentingan negara dan bangsa kesatuan RI. Ada beberapa unsur yang menjadi acuan agar para siswa dapat mengaplikasikan dalam keseharian seperti cinta tanah air, keadaran berbangsa dan bernegara dan lain sebagainya.

“untuk lebih gamblangnya wujud nyata dari bela negara yakni para siswa bisa menjadi warga negara yang cinta produk Indonesia, rajin belajar, patuh pada orangtua dan guru, menjaga nama baik keluarga dan sekolah serta lingkungan sera lain sebagainya.”tambahnya.

Setelah menerima cukup banyak bekal teori yang disertai yel yel  dan hiburan dari para anggota yon armed 3 magelang sebagai bumbu agar siswa tidak merasa tegang, para pelajar yang berkostum hijau muda terang tersebut digiring ke lapangan sambil berlari melewati area  batalyon yang cukup luas. 

Di lapangan yang cukup luas tersebut mereka dipandu untuk melakukan kegiatan mulai dari hell barrier yakni kegiatan memanjat jaring setinggi 5 meteran, carterpillar race ialah kegiatan merayap dibawah tali, fiying fox meluncur dari sebuah pohon menggunakan tali sling tali baja, log line kegiatan melewati sebuah pohon besar dan siswa belajar merayap diatasnya, permainan outbond air dan lain sebagainya.

Diharapkan dari kegiatan outbond yang dipandu langsung oleh anggota TNI tersebut para pelajar yang berusia remaja dapat memiliki bekal kedisiplinan, rajin, patuh dan terhindar dari hal – hal yang negatif baik di lingkungan masyarakat maupun pergaulan remaja saat ini.(Red.usy yudha prasetya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *