​Kepengurusan Terbentuk, Karang Taruna Jaraksari Siap Dukung Program Pemerintah

by -127 views

WONOSOBOZONE – Mengacu pada Kementerian Sosial Republik Indonesia  Nomer 77 / HUK / 2010, tentang pedoman dasar Karang Taruna, Pemerintah Kelurahan Jaraksari Kec./Kab Wonosobo, membentuk kepengurusan Karang Taruna yang merupakan wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah Kelurahan Jaraksari khususnya. Menurut Kepala Kelurahan Jaraksari Ahmad Nuri Utomo, tujuan pembentukan organisasi Karang Taruna diwilayahnya tak lepas dari letak geografis Kelurahan Jaraksari yang merupakan salah satu Kelurahan terbesar di Wonosobo serta memiliki berbagai macam kegiatan organisasi kepemudaan yang belum menyatu di tingkat kelurahan, kegiatan organisasi hanya sebatas lingkup kampung. “Maka dari itu melalui Karang Taruna kita bentuk organisasi yang yang nantinya bisa menyatukan berbagai macam organisasi yang ada di wilayahnya serta sebagai sarana mempererat jalinan tali sulaturahmi antar pemuda,” ungkap Nuri di sela pembentukan Karang Taruna Kelurahan Jaraksari Kec./Kab. Wonosobo di Aula Kelurahan, Jum’at (15/12). Nuri juga berharap agar kedepan Karang Taruna yang terbentuk bisa mendukung serta membantu program-program Pemerintah Jaraksari. 

Senada dengan Nuri, salah satu Ketua RW di wilayah Kelurahan Jaraksari, Tubagus Budia menjelaskan pembentukan organisasi Karang Taruna nantinya untuk menjalankan kegiatan baik yang bersifat sosial, keagamaan, olahraga, maupun kegiatan yang bersifat preventif. “Kami jajaran pemerintah Kelurahan Jaraksari akan mendukung sepenuhnya kegiatan Karang Taruna, sehingga program pemerintahan dan organisasi bisa saling bersinergi, terang pria yang kerap di sapa Agus tersebut.
Pemilihan pengurus yang di lakukan di kantor Kelurahan Jaraksari tersebut di lakukan secara aklamasi, para pemuda yang berasal dari beberapa dusun di wilayah Jaraksari diantaranya dusun Singkir, Jaraksari, Tosari, dan Sruni terpilih menjadi pengurus untuk mengisi struktural jabatan Karang Taruna yang diberi nama SEKAR NYAWIJI tersebut. Ahmad Nuri Utomo secara langsung menunjuk Tri Wahyu Hidayat sebagai Ketua Karang Taruna. Kemudian Ketua terpilih diberikan hak prerogatif untuk mengisi struktur dibawahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *