​Ribuan Warga Wonosobo Ikuti Aksi Solidaritas Bela Al Aqsa Palestina

by -190 views


WONOSOBOZONE – Gejolak mengenai pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump tentang pengakuan Jerusalem sebagai ibukota Israel terus di kecam oleh beberapa warga di dunia, tak terkecuali di Wonosobo.

.

Massa yang terdiri dari beberapa  perwakilan ormas,  seperti Pemuda Muhammadiyah, HMI, Mujahidin 1912, jamaah anshorut syariah, Kokam, pelajar dll menggelar aksi solidaritas bela palestina di Taman Plaza, Jum’at sore (15/12/2017). .

.

Aksi diawali dengan Sholah Jumat bersama di Masjid Sudagaran, kemudian lakukan orasi dari perwakilan ormas di Taman Plaza dan Longmarch ke Alun Alun Wonosobo. Selain lakukan aksi doa bersama peserta juga lakukan Pengalangan Dana.

.

Aksi yang di pusatkan di Taman Plaza Wonosobo tersebut menyuarakan tentang dukungan kepada pemerintah untuk membantu perjuangan palestina mendapat kemerdekaan. Selain itu mereka juga mendesak kepada dunia untuk segera bertindak.

.

Koordinator lapangan aksi bela palestina jilid 2 Muntaqo mengatakan, aksi tersebut sebagai respon cepat atas pernyataan Trump, pihaknya akan terus melakukan aksi serupa hingga presiden Amerika mencabut pernyataanya. Selain itu, ia menambahkan, apabila pemerintah tidak ada tindakan, pihaknya akan meminta ijin kepada pihak terkait untuk memberangkatkan beberapa relawan ke Palestina.

.

Aksi yang berjalan dengan tertib dan damai tersebut berakhir dengan Sholah Ashar berjamaah di Masjid Al-Huda Sudagaran.

.

Palestina merupakan salah satu dari lima negara yang yang mendukung dan mengakui kemerdekaan Indonesia untuk pertama kalinya. Melalui Syekh Muhammad Amin Al Husaini, mufti besar Palestina, 6 September 1944, lewat Radio Berlin berbahasa Arab memberi dukungan atas kemerdekaan Indonesia. Bersama Mesir, Palestina melobi, mendesak negara-negara Arab menjadi pendukung pertama kemerdekaan Indonesia. Hal tersebut yang membuat Indonesia – Palestina mempunyai ikatan batin hingga saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *