Paket Pasar Murah Jelang Akhir Tahun

by -66 views


WONOSOBOZONE – Pemerintah Kabupaten Wonosobo dalam hal ini Bagian Perekonomian Setda, bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten gelar pasar murah jelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 yang di laksanakan ditujuh Kecamatan.
Menurut laporan panitia penyelenggara, Kegiatan Pasar murah tersebut pelaksanaanya di tempatkan pada tujuh Kecamatan yang belum dialokasikan kegiatan pasar murah pada waktu menjelang lebaran beberapa bulan yang lalu. Serta diarahkan untuk masyarakat dengan penghasilan rendah di tujuh wilayah Kecamatan yaitu Mojotengah, Watumalang, Kejajar, Selomerto, Kertek, Leksono dan Sukoharjo. 
Bertempat di Aula Kantor Camat Mojotengah, Rabu (13/12) kegiatan Pasar murah tersebut dibuka dengan penyerahan paket pasar murah secara simbolis oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Fairus Eko Purnomo didampingi Kepala Bagian Perekonomian Kardimin dan Camat Mojotengah. Penyerahan kepada masyarakat penerima manfaat, secara simbolis diberikan kepada warga di Wilayah Kecamatan Mojotengah. 
Teknis pasar murah dilakukan dengan model subsidi paket, dimana anggaran APBD digunakan untuk mensubsidi harga beli oleh masyarakat. Jumlah paket yang disediakan seluruhnya sebanyak 2.800 paket. Masing-masing Kecamatan sebanyak 400 paket, dengan nilai paket sebesar Rp 75.000 dan harga beli oleh masyarakat tiap paket Rp 25.000.  Adapun setiap paketnya berisi Beras 2,5 Kg, Gula Pasir 2Kg, dan Minyak Goreng Hemat sebanyak 2 Liter. Harga Rp 75.000 dibeli dengan Rp 25.000, kata panitia penyelenggara.
Kegiatan seperti ini perlu dikakukan mengingat pada saat menjelang hari besar keagamaan maupun momen tertentu lainnya, kebutuhan konsumsi masyarakat cenderung meningkat. Yang mengakibatkan beberapa kebutuhan pokok seringkali mengalami kenaikan harga. Sehingga dengan pelaksanaan pasar murah ini diharapkan bisa membantu sebagian masyarakat berpenghasilan rendah untuk mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau, demikian dikatakan Kepala Bagian Perekonomian Kardimin saat membacakan sambutan Bupati.
Selain pasar murah, dalam rangka mengendalikan harga kebutuhan pokok Pemerintah Kabupaten Wonosobo melakukan beberapa langkah antisipasi. Melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM, Ketahanan Pangan dan dinas terkait lainnya secara rutin melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok di pasar-pasar, untuk memstikan ketersediaan kebutuhan pokok pada saat terjadinya kenaikan permintaan terhadap bahan kebutuhan pokok tersebut.
Terkait jelang Natal dan Tahun baru, Pemerintah Kabupaten Wonosobo menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan prakti-praktik yang tidak dibenarkan dan merugikan, seperti dengan melakukan pembelian kebutuhan pokok dalam jumlah besar untuk ditimbun. Karena tindakan tersebut merupakan tindak pidana yang akan berimplikasi pada proses hukum bagi pelaku. Serta hal itu hanya akan memancing terjadinya kepanikan di masyarakat.   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *