Tanamkan Jiwa Anti Korupsi Bagi Generasi Muda

by -16 views

WONOSOBOZONE – Bertepatan dengan Hari Anti Karupsi Internasional 2017, serta dalam rangka sosialisasi dan menanamkan jiwa anti korupsi bagi masyarakat terutama generasi muda,  Kejaksaan Negeri Wonosobo gelar berbagai kegiatan, salah satunya dengan pelaksanaan lomba Pidato Anti Korupsi tingkat Siswa SMA/SMK.


Terkait lomba pidato ini menurut Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus Mukhamat Aria Rosyid, SH,MH., dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa dan kesadaran masyarakat dan generasi muda dalam hal pencegahan korupsi, selain itu kegiatan tersebut untuk merebutkan Piala Kajari Wonosobo.


Dikatakan Aria, penanaman budaya anti korupsi sejak dini sangat penting dilakukan, terutama di sektor pendidikan yang diisi oleh generasi muda yang sedang tumbuh dan berkembang. Maka dari itu melalui lomba pidato dengan tema anti korupsi ini diharapkan tertanam dalam jiwa generasi muda, yang merupakan agen perubahan yang menjadi penentu perkembangan ataupun kemunduran suatu bangsa dan negara.


“Generasi muda harus tahu mana yang kepentingan pribadi, kepentingan publik, dan kelompok. Seperti contoh ketika mereka terbiasa menyobek buku pelajaran, bisa jadi suatu saat mereka menyobek dokumen penting untuk menghilangkan barang bukti, ini bahaya dan budaya ini harus kita tinggalkan,” katanya.


Ariya menyampaikan, sosialisasi anti korupsi ini terus gencar dilakukan guna me minimalisir tindak korupsi, “Sekecil apapun korupsinya harus tetap diberantas dan itu bisa dimulai sejak dini”.

 

Selain itu sosialisasi anti korupsi juga diberikan kepada perangkat Desa. Dimulai hari Kamis (7/12) di Kecamatan Mojotengah, saat sosialisasi materi tentang Dana Desa dan permasalahan lain yang ada di Desa, dengan mengundang seluruh Kepala Desa/ Lurah atau bendahara Desa di lingkungan Kecamatan Mojotengah, dengan menghadirkan tiga nara sumber, yaitu Kasi Pisus Mukhamat Aria Rosyid, SH,MH., Didik Setyawan, SH, M.Hum, dan M.Riza Kumala, SH. 



Sementara itu lomba pidato sendiri dilaksanakan hari Jumat (8/12),  diikuti oleh 29 peserta SMA/SMK se-Kabupaten Wonosobo, bertempat di aula Kejaksaan Negeri Wonosobo. Lomba menghadirkan 3 Dewan Juri. Juri I Akri Sulistyana dari Protokol Bagian Humas dan Umum Setda, juri II Agus Hidayat dan Erman Pujianto dari Dikpora.


Dari hasil penilaian diambil tiga juara, 1, 2, dan juara 3. Adapun juara 1 diraih oleh Mila Ayanah Siswi SMK I Wonosobo dengan nilai 221, juara dua Eka Dewi Safitri Siswi SMK II Wonosobo dengan nilai 218, sedangkan juara tiga diraih Linda Rumpoko Siswi SMA I Sapuran dengan nilai 217,5. Masing-masing juara mendapatkan piala, hadiah dan uang pembinaan dari panitia. Selain itu semua peserta juga mendapatkan piagam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *