Kakwarcab Wonosobo Buka Jambore Pramuka SD/MI

by -88 views


WONOSOBOZONE – Guna membina dan mengembangkan penghayatan kode kehormatan dalam wujud janji Trisatya dan Dasadharma Pramuka, memupuk persaudaraan dan persatuan di lingkungan pramuka penggalang, serta dalam rangka seleksi calon peserta untuk mengikuti jambore Daerah Jawa Tengah di Kwarcab Purbalingga 2018, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wonosobo gelar Jambore Pramuka SD/MI (JAMCAB). 


Jamcab yang dilaksanakan di lapangan SMPN I Selomerto di Desa Plobangan, secara resmi dibuka Wakil Bupati Wonosobo yang juga merupakan Ketua Gerakan Pramuka Cabang Wonosobo. Diawali dengan upacara Agus Subagiyo melakukan pemukulan gong sebagai tanda dimulainya kegiatan tersebut. 


Menurut laporan panitia penyelenggara yang dibacakan oleh Enang Basuki,  Jamcab sendiri dilaksanakan selama tiga hari Jumat-Minggu, 1-4 Desember 2017 dengan diikuti oleh 580 orang anggota pramuka penggalang dari 15 Kwartir Ranting (Kwaran) yang terdiri dari 58 regu, terbagi 29 regu Putra dan 29 regu Putri yang masing-masing regu terdiri dari 10 orang pramuka penggalang. Yang kesemuanya merupakan hasil seleksi tingkat kwaran yang dilakukan benerapa waktu lalu. 


Agenda kegiatan terbagi dalam dua kegiatan Umum dan Prestasi, kegiatan umum meliputi Upacara Pembukaan dan Penutupan, ibadah, apel, dan olahraga, sedangkan kegiatan prestasi meliputi langkah pramuka,  pentas seni budaya,  penjelajahan, halang rintang, lomba ketangkasan baris berbaris bertongkat, pioneray, peta lapangan, menaksir yang dikemas dengan sebuah kegiatan yang aman menarik menantang dan mengandung unsur pendidikan. 


Sementara itu Kakwarcab Wonosobo dalam sambutanya menyampaikan apresiasi, dan kebanggaan tersendiri kepada para peserta,  karena mereka yang mengikuti jamcab ini merupakan penggalang terpilih dari masing-masing Kwaran. “Saya bangga karena adik-adik merupakan yang terpilih, merupakan pilihan dari semua Kecamatan”.


Selain itu Kakwarcab menyampaiakan ucapan terimakasih kepada para pembina dan pendamping yang telah membentuk dan membina serta mendidik dengan baik para penggalang tersebut hingga menjadi anak-anak yang berprestasi. 


Agus mengatakan, “Dengan mengikuti jamcab ini, dimana terdapat berbagai ragam teman, karakter, pebedaan maka kalian akan tau filosofi makna perbedaan menjadi satu kesatuan indah, berlatih saling meghargai, gotong royong saling membantu teman itulah jiwa karakter pramuka”. 


Agus berpesan kepada para penggalang peserta jamcab untuk senantiasa bersemangat dan menjunjung tinggi gerakan pramuka, dalam bentuk kreatifitas yang berkarakter, baik dalam seni budaya maupun pendidikan.  “Galakkan semangat berjuang dengan tema kreatif dan berkarakter baik seni budaya maupun Pendidikan”. 


Harapanya, dari kegiatan ini akan melahirkan anak anak yang berprestasi yang nantinya akan bermanfaat bagi peserta sendiri, keluarag bahkan kepada masyarakat luas. Sehingga mampu andil dalam kemajuan Nusa dan Bangsa di masa yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *