Kinerja PPID OPD Terkendala SDM

by -61 views


WONOSOBOZONE – Hasil evaluasi kinerja pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) di lingkup organisasi perangkat daerah (OPD) dan Kecamatan diumumkan bertepatan dengan resepsi HUT Korpri ke-46, yang digelar di Halaman Pendopo Kabupaten, Rabu (29/11). Tiga PPID OPD, yaitu Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan, dan Aset Daerah, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah, serta PPID Kecamatan Kepil terpilih sebagai 3 terbaik. “Tahap visitasi sudah kami lakukan pada tanggal 27 dan 28 November, dengan kriteria yang dinilai dari setiap PPID OPD meliputi kelembagaan, penguasaan dan penyampaian informasi, serta performa dan inovasi,” tutur PPID Utama Kabupaten, Dwiyama SB ketika ditemui seusai mendampingi Bupati menyerahkan hadiah bagi 3 PPID OPD terbaik.

.


Tahapan evaluasi, menurut Dwiyama dimulai dengan pengisian kuesioner dilanjutkan dengan visitasi ke 10 PPID OPD Terbaik. “Dari 39 OPD, yang mengembalikan dan mengisi kuesioner sejumlah 30 OPD, yang hanya mengembalikan kuesioner namun tidak mengisinya 2 OPD, dan 7 OPD tidak mengembalikan kuesioner,” jelasnya. Dari 30 OPD yang mengembalikan dan mengisi kuesioner tersebut, Dwiyama menjelaskan mereka dinilai menurut banyaknya poin yang dikumpulkan, sehingga kemudian diperoleh 10 OPD yang masuk grade nilai untuk divisitasi. Evaluasi tersebut, diakui Dwiyama juga menjadi bahan introspeksi internal, karena dari pantauan lapangan menunjukkan bahwa sebagian besar OPD maupun Kecamatan belum dapat mengoptimalkan kinerja PPID akibat adanya sejumlah kendala. Kendala utama, menurut Sekretaris Dinas Kominfo tersebut adalah sumber daya manusia (SDM) yang masih terbatas, sehingga kinerja layanan informasi dan aduan masyarakat belum optimal.

.


Kurangnya komitmen OPD terhadap fasilitasi layanan informasi juga menjadi salah satu evaluasi kami pada saat visitasi kemarin, sehingga ke depan kami berharap hal itu dapat diperbaiki,” lanjutnya. Yang lebih penting dari penilaian tersebut, ditegaskan Dwiyama adalah komitmen dan keberlanjutan dalam pengelolaan serta pelayanan informasi dan dokumentasi di masing-masing OPD, di mana outputnya akan sangat membantu peningkatan kualitas pelayanan informasi publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonosobo secara makro. Selaku PPID Utama Kabupaten, ia juga mengaku berharap Tahun 2018 mendatang semua OPD sudah memiliki Akun Media Sosial sebagai sarana komunikasi dengan masyarakat, mengaktifkan, menyempurnakan dan menmutakhirkan website OPD secara rutin, meningkatkan kualitas kinerja pelayanan informasi baik di ruang layanan maupun melalui media informasi yang dimiliki, serta melengkapi sarana aduan masyarakat yang dikelola secara sinergis dan terintegrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *