Pentingnya Pendidikan Politik Bagi Pelajar

by -106 views

WONOSOBOZONE -. Sebanyak 300 Pelajar SMA/SMK se Kabupaten Wonosobo mengikuti sosialisasi Pembinaan Pendidikan Politik Bagi Pelajar yang di prakarsai oleh Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Wonosobo bertempat di Pendopo Wakil Bupati Senin (20/11) mulai pkl 08.30 WIB. Yang secara resmi dibuka Wakil Bupati Wonosobo Agus Subagiyo di dampingi Asisten Sekda Bidang Pemerintahan Aziz Wijaya dan Kepala Kantor Kesbangpol Didik Wibawanto

 

Didik mengatakan, sosialisasi Pembinaan Politik Bagi Pemuda tersebut merupakan salah satu program kegiatan yang ada di Kantor Kesbangpol,  dimana diharapkan dengan adanya pendidikan politik dapat memberikan ilmu tentang pentingnya pendidikan politik bagi para pelajar dan generasi muda apalagi sebagai pemilih pemula, mengingat agenda di tahun 2018 dan 2019 merupakan tahun politik. 

 

“Diharapkan dengan telah dilaksanakannya pendidikan politik dikalangan pelajar sebagai pemilih pemula, maka  tingkat partisipasi pemilih dapat lebih meningkat, karena hak suara kita menentukan keberhasilan pembagunan kedepan, “ ujarnya saat membacakan laporan penyelenggara.

Menurut rencana sosialisasi akan digelar selama tiga hari, dengan diikuti 300 pelajar SMA/SMK se Kabupaten Wonosobo. Terbagi tiga tahap perhari diikuti 100 orang pelajar peserta dan Guru pendamping. Satu sekolah mengirimkan 10 pelajar dan 1 Guru pendamping. Dengan menghadirkan dua Nara Sumber yakni Ketua Komisi A DPRD Wonosobo Suwondo Yudistira, dan dari KPU.

Senada dengan Kepala Kesbangpol, Wakil Bupati Agus Subagiyo dalam sambutannya menyampaikan, pihaknya menyambut baik atas dilaksanakannya Sosialisasi tersebut karena menurutnya kegiatan ini yang akan mampu menggugah semangat para pemuda dalam mengenal, belajar dan mengerti tentang politik. Sehingga akan tercipta peningkatan kesadaran politik masyarakat dan generasi muda terutama kalangan pemilih pemula ini. Karena mereka adalah generasi yang diharapkan memiliki kemampuan berfikir kritis, inovatif dan kreatif dalam menghadapi tantangan dan persoalan bangsa.

Agus berpesan kepada para peserta agar tetap bersemangat untuk mengikuti dengan sebaik-baiknya dan memperhatikan apa yang disampaikan oleh para narasumber, “Generasi muda harus bangkit dan sadar bahwa pendidikan politik merupakan kunci memelihara kehidupan berdemokrasi berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Pendidikan politik harusnya dimaknai sebagai upaya untuk membangun pondasi bermasyarakat maupun bernegara dibumi tercinta Indonesia ini”, tegasnya.

Kepada penyelenggara Agus menyampaikanpendidikan politik harus dibangun agar pemberdayaan dan penguatan generasi muda mau dan ikut berpartisipasi dalam membangun negeri ini. Maka dari itu, pemahaman akan pentingnya pendidikan politik bagi generasi muda sangat diperlukan sebagai upaya menuju demokrasi pancasila yang berkualitas.

Karena peserta sosialisasi merupakan generasi pemilih pemula, Wakil Bupati berharap kedepan kegiatan tersebut dapat bermanfaat dan berkesinambungan, lebih jauh lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *