​Sehari Penuh Peringati Jasa Pahlawan, Dari Orasi Hingga Fashion Show

by -135 views

WONOSOBOZONE – Para siswa di SMAN 1 Wonosobo turut merayakan hari pahlawan dengan berbagai kegiatan. Bahkan, tak hanya para siswa, para guru juga dilibatkan dalam rangkaian peringatan tersebut. Hal itu diungkapkan kepala sekolah Smansa, Sabar Riyanto bahwa agenda peringatan hari pahlawan diawali dengan upacara peringatan hari pahlawan dan dilanjutkan dengan berbagai lomba.

“Beberapa lomba yang diadakan sehari penuh ini diantaranya ada mural, lomba teater, orasi, dan nanti akan ada lomba fashion show bertema pahlawan dengan kostum para pejuang yang juga diikuti guru. Tema yang diangkat di peringatan tahun ini seperti halnya yang juga di angkat secara nasional yakni Perkokoh Persatuan untuk Membangun Negeri,” ungkapnya kemarin (10/11).

Smansa yang kini memiliki 900 siswa lebih itu juga disebut Sabar akan segera memberangkatan perwakilan siswanya ke Jepang untuk mengikuti kompetisi film pendek. Menurut Sabar, salah satu penekanan penting dalam peringatan hari pahlawan tahun ini ialah pembentukan karakter siswa dan mengingat jasa para pahlawan salah satunya dengan terus berprestasi di berbagai bidang.

Senada, menurut Dwi Heru Susanto selaku waka kurikulum, agenda tersebut diharapkan bisa menambah pemahaman dan mengembangkan karakter sebagaimana mereka memahami perjuangan para pahlawan. 

“Selain untuk eksplorasi kreativitas siswa, harapan kami juga bisa menjadi momentum penting untuk selalu berkarya,” imbuhnya.

salah satu panitia, Dera Amelinda mengaku sangat bersemangat dalam memperingati hari pahlawan di sekolahnya. Terlebih konsep peringatan tersebut diserahkan pada siswa sehingga format kegiatannya bisa disesuaikan dengan minat siswa dan bisa menampung sekaligus mengasah bakat siswa sendiri.

“Semua lomba termasuk Teater mengangkat tema kepahlawanan, seperti orasi yang juga disusun siswa secara bebas dan ada juga yang menampilkan teater dikemas dengan standup comedy,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *