Dana Desa Wonosobo Tahun 2018 Turun 7 Milyar

by -54 views

WONOSOBOZONE –  Alokasi Dana Transfer Desa (DTD) Kabupaten Wonosobo pada tahun 2018 menurun sebesar 7 Milyar. Dari alokasi pada tahun 2017 sedikitnya Rp. 191 Milyar, kini berdasarkan situs resmi dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Kabupaten Wonosobo mendapatkan alokasi dana sedikitnya Rp. 184 Milyar. “Informasi itu kami dapatkan di situs resmi Kemenkeu RI yaitudjpk.kemenkeu.go.id. Disana tertera nominal alokasi dana transfer desa untuk Wonosobo sebesar 184.100.308.000 rupiah. Semoga turunnya tahun besok ini, tak memberikan dampak yang signifikan bagi 236 desa yang ada di Wonosobo,” ungkap Kasubag Keuangan dan Aset Desa Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Wonosobo, Aldhiana Kusumawati di ruangannya, Rabu (1/11).
.

.
Menurut wanita yang akrab dengan sebutan Dhina itu, tak hanya nominal alokasi dana desa saja yang turun, melainkan aturan pembagian dana kepada setiap desa dari pihak kementrian juga berbeda dengan tahun sebelumnya. Hal itu, lanjut Dhina, dikhawatirkan dapat mempengaruhi pengelolaan dana desa yang tren setiap tahunnya meningkat. Berdasarkan data yang ada, Dhina menguraikan alokasi DTD untuk Kabupaten Wonosobo pada tahun 2015 sebesar 66,8 Milyar, Sedangkan untuk tahun 2016, alokasi DTD senilai 150 Milyar dan tahun 2017 sebesar 191 Milyar. “Aturan sebelumnya dari 100 persen dana desa se Kab. Wonosobo itu dibagi dengan cara 90 persen merata semua desa dan 10 persennya dibagi untuk beberapa desa berdasarkan indeks pembangunan desa dan lokasi geografis. Sedangkan tahun besok, aturan pembagian hanya 77 persen yang dibagikan merata semua desa, 20 persen berdasarkan indeks pembangunan desa dan lokasi geografis dan yang 3 persen berdasarkan indeks ketertinggalan desa,” bebernya..

.

Terkait nominal alokasi masing-masing desa, Dhina belum dapat memberikan keterangan lantaran hal tersebut merupakan wewenang pusat. Namun Dhina memprediksikan ada desa yang mendapatkan alokasi lebih besar dari tahun sebelumnya dan juga ada beberapa desa yang menerima lebih sedikit dibanding tahun 2017. “Biasanya akhir November sudah ada info pembagiannya. Tahun ini rata-rata desa mendapatkan 1,2 Milyar dan untuk 236 desa yang ada di Wonosobo sudah cair 100 persen. Hal itu membuat kita masuk dari bagian 26,4 persen dana desa yang sudah clear se-Indonesia. Namun sebenarnya yang terpenting bukan itu, melainkan penggunaan dana desa bisa benar-benar dirasakan oleh masyarakat,” pungkasnya. (Ard)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *