Warning.!! Musim Hujan Wonosobo Diminta Waspadai Bencana

by -16 views

#WONOSOBOZONE  Musim penghujan telah tiba. Sejak pertengahan bulan Oktober hingga saat ini intensitas hujan di Wonosobo meningkat, bukan hanya deras namun durasinya cukup lama. Sehingga berpotensi menimbulkan bencana, seperti longsor dan banjir yang terjadi di Wadaslintang dan Sukoharjo beberapa waktu yang lalu. Yang menjadikan kejadian itu sebagai warning atau peringatan bagi Wonosobo, untuk mewaspadai terhadap adanya bencana.

Terkait peningkatan rutinitas alam tersebut, dijadikan salah satu pembahasan utama Pemerintah Kabupaten Wonosobo dalam Rapat Koordinasi bersama semua unsur jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang di fasilitasi Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah, guna mengambil sikap dan langkah langkah antisipasi terhadap kemungkinan adanya dampak buruk yang ditimbulkan.

Mengambil tempat di pendopo Kecamatan Sukoharjo Rabu 08 November, rakor dihadiri semua SKPD, Camat se-Kabupaten Wonosobo dan Badan serta Dinas terkait. Ini dilakukan salah satunya untuk menjalin kerjasama dan evaluasi saat menangani bencana. Mengingat Wonosobo merupakan salah satu Kabupaten yang ancaman bencananya tinggi, karena hampir seluruh wilayah Kecamatannya rawan longsor. Bahkan semua bencana berpotensi kecuali Tsunami.

Sehingga perlu adanya kerjasama dan koordinasi dari semua unsur sesuai dengan tugas masing-masing, agar dalam penanganan bencana akan berjalan dengan baik, efisien dan tindakan yang dilakukan sesuai  prosedur. Baik dimulai dari tindakan antisipasi, saat penanganan bencana sampai paska bencana.

Terkait hal tersebut, Sekretaris Daerah Eko Soetrisno Wibowo mengatakan, semua SKPD harus memahami betul tupoksinya masing-masing, sehingga Semua SKPD yang dibutuhkan untuk menangani bencana harus siap siaga serta bersegera untuk membantu.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Prayit, ada tiga unsur penting yang berperan dalam penanggulangan bencana yakni Masyarakat, Pemerintah dan Dunia Usaha. Ketiganya harus hadir secara utuh dalam penanggulangan bencana. Koordinasi komunikasi dan gotong royong harus diutamakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *