​Jumlah Pekerja Belum Diimbangi Penyedia Lowongan Kerja

by -105 views


WONOSOBOZONE – Pertumbuhan angkatan kerja di Wonosobo terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal itu terlihat dari peminat pekerjaan tak pernah surut. Sayangnya, tingginya jumlah pekerja tersebut belum bisa diimbangi pihak penyedia lowongan pekerjaan. Demikian disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian dan Transmigrasi Kabupaten WonosoboAgus Priyatno, pada pembukaan Disnakerintrans Job Fair 2017, bertempat di Gedung Korpri, Rabu (8/11).

Agus juga mengatakan upaya menggelar bursa kerja, yang mempertemukan secara langsung antara pencari kerja (Pencaker) dengan pihak perusahaan penyedia lowongan pekerjaan, menjadi ikhtiar untuk memajukan kesejahteraan umum.

Untuk pagelaran Job Fair 2017, Disnakerintrans disebut Agus Priyatno mengundang tak kurang dari 44 perusahaan daerah maupun luar daerah untuk membuka lowongan kerja. “Formasi yang ditawarkan kepada para pencari kerja ada 1.500 lowongan, dan kami menargetkan agar bisa menyerap seluruh pendaftar,” kata Agus. Dari 44 perusahaan partisipan, Agus mengatakan bahwa sebagian besar masih berasal dari lembaga jasa keuangan. Bidang usaha lain yang juga membuka kesempatan kerja, antara lain lembaga pendidikan, lembaga pelatihan kerja, perusahaan garmen, dealer sepeda motor, sampai retail dan industry pengolahan.

Upaya untuk menyadarkan para pencari kerja agar tak hanya berfokus pada usaha memasukkan lamaran ke perusahaan juga disampaikan oleh Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagiyo. Menurut Wakil Bupati tersebut, pemerintah selain berupaya memfasilitasi ikhtiar angkatan kerja, juga perlu menumbuhkan semangat kemandirian. “Job Fair sudah bagus, tapi akan lebih baik apabila ada upaya untuk membantu pencari kerja, terutama yang merupakan lulusan sekolah kejuruan, agar mereka juga berpikir untuk mandiri,” ungkap Agus. Dengan semakin banyaknya wirausahawan, Agusmeyakini kesempatan kerja yang terbuka akan semakin luas, sehingga para pencari kerja juga tak hanya menunggu perusahaan-perusahaan membuka lowongan kerja.

Agus juga terus mendorong angkatan kerja agar mandiri. “Fasilitas pelatihan kami buka secara gratis di Balai Latihan Kerja (BLK) Wonosobo, dan bisa diakses setiap saat bagi siapapun yang membutuhkan berbagai jenis pelatihan kerja,” tegas Agus. Job Fair 2017, menurut Agus juga menjadi media untuk menyosialiasikan keberadaan BLK, agar para pencari kerja yang tak tertampung langsung berinisiatif meningkatkan keterampilan melalui pelatihan yang tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *