PPK Harus Jaga Netralitas Untuk Suksesnya Pilgub Jateng 2018

by -73 views

WONOSOBOZONE – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) adalah panitia yang dibentuk oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten, untuk menyelenggarakan pemilihan di tingkat Kecamatan. Oleh karena itu sebagai anggota PPK harus bisa menjaga netralitas, demi suksesnya pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah yang akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018. Demikian disampaikan Bupati Wonosobo, Eko Purnomo, SE. MM, pada acara Pelantikan dan Pembekalan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018, bertempat di Hotel Surya Asia, Sabtu (4/11).

Eko juga menyampaikan bahwa Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018, merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat. Untuk itu penyelenggaraan pemilu tersebut harus berjalan dengan baik dan benar, sesuai dengan Peraturan Perundangan yang berlaku, sehingga sangat dibutuhkan adanya dukungan dan peran serta dari semua stakeholder, guna mensukseskan pesta demokrasi rakyat Jawa Tengah, baik secara prosedural maupun substansial. Disinilah pentingnya penyelenggara pemilu, termasuk didalamnya Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), yang harus memiliki integritas dan komitmen dalam menjalankan tugas serta wewenangnya, pemahaman terhadap peraturan perundang-undangan dan kemampuan untuk melibatkan peran serta masyarakat. Untuk itu kepada anggota PPK harus memantapkan niat dan tekad dengan disertai bekal pengetahuan dan ketrampilan, untuk dapat melaksanakan tugas sebagai PPK sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang ada. Anggota PPK dalam melaksanakan tugas harus berpedoman pada asas mandiri, jujur, adil, kepastian hukum, tertib, mendahulukan kepentingan umum, keterbukaan, profesionalitas, proporsionalitas, akuntabilitas, efisiensi dan efektifitas. Dan diharapkan anggota PPK segera melakukan koordinasi dengan Penyelenggara Pemilu di tingkat Kabupaten maupun Kecamatan.

Pada kesempatan itu sebanyak 75 anggota PPK Dilantik dan diambil Sumpah/Janji nya oleh Ketua KPU Kabupaten Wonosobo, DR. Ngarifin Shiddiq, M.Pd.I. dan dihadiri oleh tamu undangan yang terdiri dari Unsur Forkompinda, Kepala Instansi terkait, Camat serta Sekcam.

Ngarifin Shiddiq juga menyampaikan bahwa usai dilantik, anggota PPK akan bekerja selama 9 bulan, mulai November 2017 hingga Juni 2018 sebagai penyelenggara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018 di tingkat Kecamatan. “PPK akan melaksanakan tugas, wewenang dan kewajibannya sebagai anggota PPK, diantaranya adalah membantu KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten dalam melakukan pemutakhiran data pemilih, daftar pemilih sementara dan daftar pemilih tetap. Membantu KPU Provinsi dan Kabupaten dalam menyelenggarakan Pilgub Jawa Tengah. Melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan Pemilu di tingkat Kecamatan yang telah ditetapkan oleh KPU Provinsi” pungkas Ngarifin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *