​2019 Warga Wonosobo Sudah Ber-BPJS 100%

by -103 views

WONOSOBOZONE – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo, Junaedi mentargetkan pada 2019 masyarakat satu Kabupaten sudah memiliki asuransi kesehatan termasuk BPJS. Hal tersebut disampaikannya disela kagiatan seminar kesehatan, Sabtu (4/11) di gedung Sasana Adipura Kencana. Menurut Jun, prosentase saat ini  di Wonosobo sedikitnya 62% masyarakat yang memiliki BPJS. “Hal tersebut merupakan salah satu wujud nyata kami dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Wonosobo. Kami sangat berharap tahun 2019 bisa terealisasi 100 persen warga sudah memiliki asuransi kesehatan,” terangnya.
Tak hanya asuransi kesehatan, upaya peningkatan derajat kesejahteraan masyarakat disebut Jun juga turut digencarkan, diantaranya pendataan kesehatan tiap KK oleh setiap Puskesmas, gerakan masyarakat (Germas) hidup sehat yang digalakkan secara nasional dan meningkatkan fasilitas kesehatan sampai di tingkat Desa/Kelurahan. “Germas ini arahan dari pak Jokowi, diantaranya dengan makan sayur dan buah dan mewajibkan sehari sekali minimal melakukan aktivitas fisik. Sedangkan fasilitas kesehatan akan kami tingkatkan Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) seperti Posyandu, Pospindu, Poslansia, PKD dan yang lainnya,” beber Jun yang bertindak sebagai pembuka kegiatan seminar rangkaian Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2017. Hal tersebut, lanjut Jun, merupakan salah satu upaya promotif dan preventif yang tengah diprioritaskan pihaknya sejak menjabat sebagai kepala Dinas Kesehatan pada awal tahun 2017.
Upaya peningkatan kesejahteraan kesehatan tersebut didukung oleh beberapa lembaga kesehatan swasta, seperti RS. PKU Muhammadiyah Wonosobo. Hal itu terlihat ketika sedikitnya 50 kaum dhuafa diberikan asuransi kesehatan berupa BPJS secara gratis sebelum kegiatan seminar dimulai. Dimana iuran BPJS tiap bulannya dibayarkan olah PKU sampai akhir hayat. “Peringatan HKN ini kami jadikan momentum untuk turut berpartisipasi aktif dalam mewujudkan visi Wonosobo dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sekaligus turut mengakomodasi dalam menuntaskan target 100 persen warga memiliki asuransi kesehatan,” pungkas manajer keperawatan RS. PKU Muhammadiyah Wonosobo, Notian Farkhah yang bertindak sebagai ketua panitia rangkaian HKN Wonosobo 2017. (Ard)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *