Pentingnya Peran Kehumasan dalam Sebuah Organisasi

by -19 views

WONOSOBOZONE – Dokumen adalah sesuatu hal yang penting, tetapi dokumen akan lebih penting dan terasa manfaatnya apabila bisa dipublikasikan kepada masyarakat. Apalagi publikasi tersebut yang bersifat positif dan membangun untuk kemajuan masyarakat dan organisasi tersebut. Disitulah peran penting kehumasan bagi sebuah organisasi. Demikian disampaikan Waka Kehumasan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Wonosobo, Tri Antoro, pada acara Temu Pengelola Kwartir dan Kehumasan Gerakan Pramuka Kwarcab Kabupaten Wonosobo, di Pendopo Wakil, Kamis (2/11).

Tri Antoro juga menyampaikan banyak kegiatan yang dilaksanakan oleh pramuka yang tidak terpublikasikan. Padahal pramuka bisa memberi contoh dan harus menjadi contoh hal hal yang positif kepada masyarakat. “banyak kegiatan yang didokumentasi oleh pramuka, tetapi itu kurang bermanfaat jika untuk dokumen pribadi. Oleh karena itu peran publikasi menjadi sesuatu yang sangat penting dan disitulah fungsi kehumasan harus bisa mendrive atau mempublikasikan dokumen dokumen yang ada menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak” pungkas Tri Antoro.

Sementara pada kesempatan itu Ka Kwarcab Kabupaten Wonosobo, Agus Subagiyo, juga menyampaikan bahwa pramuka adalah organisasi yang sudah berumur. Peran pramuka dalam kehidupan masyarakat dan bangsa sudah sangat terasa manfaatnya. Oleh karena itu sebagai organisasi non profit yang sangat berguna bagi bangsa ini, dibutuhkan orang orang yang loyal dan tulus untuk mengabdi kepada pramuka.

Terkait dengan kehumasan Agus Subagiyo juga menyampaikan bahwa peran kehumasan sangat dibutuhkan dalam organisasi pramuka. “Karena dengan kehumasan yang baik berbagai kegiatan kepramukaan yang ada di Kabupaten Wonosobo akan diketahui oleh masyarakat. Sehingga apa yang telah dilakukan oleh pramuka bisa menjadi contoh bagi masyarakat” jelas Agus Subagiyo.

Sekitar 70 peserta dari Pengurus Kwarcab Wonosobo, Perwakilan Dari Kwarran se Wonosobo dan perwakilan dari Saka dan Sako se Kabupaten Wonosobo yang mengikuti Temu Pengelola Kwartir dan Kehumasan ini.

Pada kegiatan ini peserta menerima materi mengenai Kehumasan, Pramuka Peduli, Administrasi Pramuka dari Kwarcab Wonosobo dan materi Jurnalistik dan Fotografi dalam Kehumasan dari PWI Wonosobo, Edi Purnomo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *