Wakil Bupati Minta UMKM Wonosobo Tetap Berkarakter

by -66 views

WONOSOBOZONE –  Dalam rangka mengembangkan dan memajukan geliat usaha di Wonosobo, Wakil Bupati Agus Subagiyo minta agar para pelaku UMKM tetap memiliki jiwa yang berkarakter. Demikian disampaikannya dalam acara penyerahan Program Kemitraan UMKM bersama PT KAI Daops V Purwokerto di Pendopo Bupati, Selasa 31 Oktober.

Wabup Agus Subagiyo mengatakan ada empat syarat majunya UMKM di Wonosobo, yakni Capacity dan Carachter building, Capitality Building, Fasilitas sarana prasarana teknologi, serta Marketing atau pasar.Pelatihan dan penguatan SDM (Capacity Building) diperlukan untuk meningkatkan daya saing sebagai modal mengembangkan usaha yang pada akhirnya akan meningkatkan kapasitas produksi dan penjualan.

 

Selain pelatihan pelaku UMKM harus memiliki karakter yang jujur (Carachter Building).Yakni jujur dengan produk yang kita jual tanpa mengada-ada, disiplin terhadap pengembangan usaha, serta terampil dalam pengolahan dan pemasaran,” jelasnya.

 

Sementara itu Deputi Vice Presiden PT KAI Daop 5 Purwokerto Wisnu Pramudyo terkait program kemitraan ini, mengatakan akan terus berkomitmen untuk membantu mengembangkan pelaku UMKM melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Hal tersebut terlihat saat memberikan bantuan permodalan sebesar 400 juta rupiah untuk UMKM di Kabupaten Wonosobo yang secara simbolis di terima Wakil Bupati Agus Subagiyo.

 

Wisnu mengatakan semua ini dilakukan tidak lepas dari program BUMN hadir untuk Negeri.  Program Kemitraan BUMN dengan Usaha Kecil yang merupakan program untuk meningkatkan kompetensi usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri melalui pemanfaatan dana dari bagian laba BUMN.

 

Kepala Dinas Perdagangan Agus Suryatin mengatakan, berdasar data yang ada di BPS UMKM yang ada di Wonosobo sudah mencapai angka 60 ribu. Menurutnya ini merupakan potensi luar biasa karena wilayah Wonosobo merupakan daerah pertanian dan perkebunan yang memiliki one vilage one product. Dengan produk UMKM yang dihasilkan sudah mendunia.   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *