Lestarikan Budaya, Pegawai Imigrasi Berdinas dengan Pakaian Adat

by -37 views

WONOSOBOZONE – Pemandangan tak biasa terlihat di Lapangan Kantor Imigrasi Wonosobo, Senin 30/10/2017. Pasalnya, semua pegawai dari office boy hingga kepala kantor berbaris rapi dengan mengenakan pakaian adat nasional bukan seragam seperti hari-hari biasanya.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka memperingati hari Dharma Karyadhika atau hari jadi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) tahun 2017 yang dirayakan dalam bentuk upacara.

Bambang Nurwiyanto selaku kepala sub bagian tata usaha kantor imigrasi Wonosobo, mengatakan peringatan HUT Kemenkumham RI yang ke 72 tersebut juga merupakan instruksi dari Kementrian dengan tema “Gerakan Serentak Empati Layanan Paspor dan Penegakan Hukum Keimigrasian”.

“Hal ini kita lakukan juga sesuai dengan imbauan Kemenkumham Pusat, bahwa pegawai Kantor Imigrasi seluruh Indonesia agar memakai pakaian adat daerah masing-masing dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat tak terkecuali Kantor Imigrasi Kelas II Wonosobo”, ungkap Bambang.

Kegiatan rutin tahunan tersebut, lanjut Bambang juga merupakan wujud nyata Kemenkumham R.I dalam melestarikan budaya nasional yang ada di tiap-tiap daerah agar tetap lestari dan tidak punah.

“Karena kantor kita berada di Jawa, kita mengenakan pakaian adat Jawa yang merupakan salah satu identitas serta karakter Bangsa dan wajib kita jaga”, tambah Bambang

Sementara itu Anwar Priyo selaku Kasubsi Status Keimigrasian Kantor Imigrasi Wonosobo yang menggunakan pakaian warok ala Jawa Timur menjelaskan bahwa peringatan kali ini diikuti oleh seluruh keluarga besar Imigrasi Wonosobo dengan sangat antusias, terbukti semua mengenakan pakaian adat hingga jam pelayanan selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *