Kecelakaan Karambol, Truk Fuso Hajar 5 Kendaraan Di Turunan Tajam

by -342 views

WONOSOBOZONE –  Kecelakaan beruntun terjadi di salah satu turunan tajam satu arah Kabupaten Wonosobo, Kamis (26/10). Jalan licin lantaran hujan deras yang mengguyur selama lebih dari satu jam di jalan Prajuritan Wonosobo itu menambah situasi tabrakan tak ter-elakkan. Yakni Truk berukuran besar tanpa muatan dengan plat B-9725 –TW merk Hino menabrak seorang pengendara roda dua yang bermerk Yamaha Mio J dengan plat nomor AA-3290-FP. Sang pengendara roda dua tersebut adalah warga Kecamatan Watumalang, Kab. Wonosobo dengan nama Endro Sudiarto yang tewas seketika usai kecelakaan maut itu terjadi. Ketika melakoni oleh tempat kejadian perkara (TKP), Kapolres Wonosobo, AKBP Muhammad Ridwan yang didampingi Kasatlantas Polres Wonosobo menceritakan kronologi kejaiannya. “Motor yang terlindas ini berada tepat di bagian roda turk fuso dan menjadi alat rem pada turunan tajam nan licin itu. Namun setelah kami perika, ternyata remnya truk besar itu tidak blong,” ungkap Kapolres di sela olah TKP.
Usai menabrak sepeda motor, Truk Fuso tersebut menabrak pengendara mobil merk Daihatsu Xenia dengan plat nomor B-1848-UZM dan Daihatsu Sirion dengan plat nomor AA-9186-KF yang secara beriringan berada tepat di bagian kanan mobil biang kerok kecelakaan karambol itu. Kedua mobil sampai terhempas ke luar jalan raya hingga memakan bagian trotar yang saat itu tak dilalui oleh pejalan kaki. Beruntung pengendara dari dua mobil dari merk Daihatsu tersebut tidak mengalami luka parah. “Hanya satu orang yang mengalami luka ringan, yaitu Prasetyaning Dwi Woro (49) yang kemudian dilarikan ke rumah sakit terdekat. Sementara sang suami, Untung dan pengendara lain selamat. Hanya terkena luka kecil akibat gesekan,” tambah Kapolres.
Setelah menabrak kedua mobil dan satu sepeda motor, Truk Fuso berisikan satu orang yang bertindak sebagai pengendara itu menabrak mobil sedan Corolla dengan plat nomer H-8150-YY yang sedang parkir di samping kiri jalan. Mobil sedan tersebut juga menjadi alat rem lantaran terlindas di bagian kiri roda depan dari truk fuso yang menabrak. Sementara kerdaraan terakhir yang juga menjadi korban kecelakaan mau tersebut, yakni truk pengangkut batu tidak mengalami kerugian yang signifikan. Bahkan sang sopir truk pengangkut pasir masih dapat mengendarai mobilnya untuk melanjutkan perjalanan. Yang menjadikan situasi semakin tragis, pengendara Truk fuso tersebut melarikan diri usai kendaraanya terhenti oleh truk pengangkut pasir. “Selain truk, semua kendaraan yang ditabrak menjadi ringsek dan penyok yang cukup parah. Namun truk pengangkut batu yang juga ditabrak hanya terkena gesekan sedikit yang menimbulkan goresan, tapi pengendaranya tidak luka sedikitpun. Saat ini pengendara truk fuso itu kami jadikan buron. Karena ia langsung kabur setelah menabrak banyak kendaraan. Semuanya masih dalam proses penyelidikan,” tandas Kapolres.
Warga setempat yang beralamat di Dusun Prajuritan, Kel. Wonosobo Timur, Kec. Kab. Wonosobo, Sri Rejeki (53) mengaku telah mendengar suara kecelakaan yang cukup keras dan cukup lama saat peristiwa itu terjadi. Beberapa warga yang berada dalam TKP saat tabrakan maut terjadi, menurut Sri juga sempat mengejar pengendara truk fuso. Namun tak dapat tertangkap karena jarak yang cukup jauh dan pelaku lari cukup kencang. “Sopir truk pengangkut batu itu sempat cerita kalau pihaknya secara tak sengaja membelokkan kendaraannya kearah kanan. Ketika truk fuso melaju turun dengan kecepatan yang agak rendah lantaran memakai menggunakan mobil sedan dan sepeda motor sebagai rem, menjadi tertahan oleh truk yang berada melintang di dapan rumah saya ini. Terus truk fusonya langsung berhenti. Dan pelakunya langsung kabur. Mungkin takut di masa warga,” terangnya.
Menurut Sri, kecelakaan yang terjadi di turunan tajan satu arah yang ada di depan rumahnya itu kerap terjadi. Namun, lanjutnya, dapat diminimalisir dengan membelokkan kendaraannya ke-arah barat dari pertigaan yang ada. Sehingga tak sampai memakan korban kendaraan lain. “Dengan adanya kasus ini, kami berharap ada upaya pencegahan khusus yang dilakukan oleh pihak terkait agar peristiwa serupa tak terjadi lagi,” pungkas Sri. (Ham)

 
Data Tambahan :

– Tabrakan terjadi posisi hujan besar sekira jam 14.12

– Pelaku B-9725-TW Truk Fuso merk Hino

– Yamaha Mio J dengan plat nomor AA-3290-FP, pengendara MD di tempat

– Daihatsu Xenia dengan plat nomor B-1848-UZM dan Daihatsu Sirion dengan plat nomor AA-9186-KF ringsek dan terhempas keluar jalan raya. Pengandara 1 luka ringan, 3 lecet sedikit.

– mobil sedan Corolla dengan plat nomer H-8150-YY ringsek rusak parah, tanpa pengendara

– Truk bermuatan batu tidak dapat diketahui plat nomornya, tak kenapa-napa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *