1344 Atlet Berkompetisi Di Ajang Gala Desa

by -19 views

WONOSOBOZONE – Sedikitnya 1344 Atlet yang terdiri dari para pelajar SD, SMP dan SMA antar desa yang ada di Wonosobo berkompetisi dalam ajang Gala Desa pada Jum’at (20/10). Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Wonosobo Sigit Sukarsana yang juga bertindak sebagai panitia mengatakan kegiatan Gala Desa tersebut di isi dengan kompetisi berbagai cabang olahraga antar Desa. Sigit menyebut ada 6 cabang olahraga yang dilombakan, yaitu sepak bola, sepak takraw, bola volley, bulu tangkis, tenis meja serta cabang atletik. “Dari total peserta 1344 orang yang berasal Desa/Kelurahan di 15 Kecamatan di Wonosobo, dibagi masing-masing cabang dengan rincian Sepakbola 144 atlet, sepak takraw 360 atlet dan bola volley 300 atlet. Sedangkan untuk bulutangkis, tenis meja dan atletik jumlah peserta sama yaitu masing-masing diikuti oleh 180 atlet,” urainya..

.
Menurut Sigit, Even tersebut dilaksanakan secara tersebar di 6 Desa/Kelurahan. Cabang olahraga  sepak bola bertempat di Desa Mangunrejo Kalikajar, cabang sepak takraw di Desa Kreo Kejajar, cabang bola volley di Desa Kali Putih Selomerto dan cabang olahraga bulutangkis di Kelurahan Kertek Kecamatan Kertek. Untuk tenis meja di Desa Bumireso Kecamatan Watumalang serta atletik di Kelurahan Wonosobo Barat Kecamatan Wonosobo. “Para juara akan mendapatkan tropi dan penghargaan dari Kemenpora Republik Indonesia. Gala Desa ini digelar alam rangka untuk memunculkan dan mencetak bibit-bibit unggul olahraga dari desa, juga sebagai salah satu mesin utama dan bagian penting untuk membangun karakter bangsa,” bebernya..

.
Sementara, Asdep Pengelolaan Pembinaan Sentra dan Sekolah Khusus Olahraga Kementrian Pemuda dan Olahraga, Teguh Raharjo yang turut hadir dalam pembukaan Gala Desa mengaku sangat bangga melihat besarnya animo masyarakat terhadap kegiatan Gala Desa di Wonosobo. Mengingat Wonosobo merupakan tempat dimana ia lahir. Menurut Teguh, Kemenpora memilih Wonosobo sebagai salah satu penyelenggara Gala Desa 2017 lantaran dinilai Bupati dan seluruh masyarakatnya gemar berolahraga. “Selain itu, kami melihat banyak sekali bibit olahragawan yang ada di Wonosobo. Karenanya Kemenpora sepertinya harus mengirimkan pemandu bakat ke Wonosobo. Kami berharap kedepan ada atlet Indonesia yang sukses di kancah internasional berasal dari Wonosobo,” ungkap Teguh..

.
Harapan serupa juga diungkapkan oleh Bupati Wonosobo, Eko Purnomo yang secara simbolis membuka perayaan program unggulan Kemenpora yang ditujukan untuk mencari bibit olahragawan unggul dari desa dengan memukul Gong. Dengan adanya Gala Desa serta kehadiran Kemenpora, Bupati berharap antusiasme masyarakat dalam berolahaga semakin meningkat dan dapat bertahan. “Agar kelak dapat terwujud masyarakat yang sehat, karena hal itu sebagai modal utama kita untuk melanjutkan pembangunan,” pungkas Bupati. (Ard)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *