Tempe Kemul Jadi Penyemangat Kerja?

by -56 views

WONOSOBOZONE – Bekerja dalam kurun waktu yang lama, jauh dari keluarga serta pekerjaan yang dilakukan bersifat monoton membuat kejenuhan melanda prajurit yang tergabung dalam tim Satgas TMMD Reguler ke 100 di Pagerejo Kertek Wonosobo. Melihat permasalahan tersebut Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXVII membuat acara kunjungan ke lokasi TMMD di pos pembuatan jalan sepanjang 757 Meter. (18/10)

 

Rombongan Persit KCK dipimpin Wakil Ketua Ny. Jaka Susila menyampaikan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk menghibur para anggota TNI dan masyarakat yang ada disana sehingga dengan harapan menambah semangat kerja bangkit lagi. Disamping itu tempe kemul merupakan makanan khas wonosobo, sedangkan tim satgas TMMD merupakan pasukan dari luar Kodim 0707/Wsb sehingga ini bisa dijadikan sebagai ajang promosi bahwa di Wonosobo ada makanan khas yaitu tempe kemul.

 

Tempe kemul hangat sangat pas disuguhkan dilokasi TMMD karena saat itu cuaca agak mendung, udara menjadi dingin. Dengan adanya tempe kemul hangat membuat suasana menjadi hangat apalagi yang menyuguhkan adalah Persit Cabang sehingga suasana dilapangan menjadi meriah dan menambah rasa keakraban didalam satgas TMMD, baik itu TNI maupun masyarakat.

 

Tempe Kemul adalah makanan yang terbuat dari tempe yang di lumuri adonan tepung lalu di goreng. Makanan ini merupakan salah satu jajanan khas dariWonosobo, Jawa tengah. Tempe Kemul hampir sama dengan olahan tempe lainnya seperti mendoan dan tempe goreng tepung, namun Tempe Kemul ini memiliki ciri khas dan rasa yang berbeda dengan lainnya.

 

Nama Tempe Kemul sendiri diambil dari kata “kemul” yang dalam bahasa Jawa berarti “selimut”. Jadi Tempe Kemul diartikan “tempe yang diselimuti”. Sesuai dengan namanya, Tempe Kemul merupakan tempe yang diselimuti dengan adonan tepung. Dalam proses pembuatannya sama dengan tempe mendoan, yaitu tempe dilumuri dengan adonan tepung yang sudah dibumbui lalu di goreng.

 

Walaupun dalam pembuatannya Tempe Kemul ini hampir sama dengan Tempe Mendoan, namun Tempe Kemul dari Wonosobo ini memiliki ciri khas yang berbeda diantaranya seperti pada ukurannya. Pada Tempe Kemul ukurannya sedikit lebih kecil. Selain itu Tempe Kemul memiliki warna kuning karena adonan khusus yang digunakan. Tempe Kemul ini juga teksturnya lebih renyah karena di goreng kering.

 

Rasa Tempe Kemul ini sangat khas, rasa gurih dari Tempe Kemul ini sangat terasa di lidah. Selain itu dipadukan dengan kerenyahan dari adonan yang menyelimuti Tempe Kemul ini memberikan sensasi nikmat saat menyantapnya. Tempe Kemul ini sangat cocok bila disajikan selagi hangat dan disantap dengan cabe rawit. Di Wonosobo Tempe Kemul ini juga sering di sajikan sebagai lauk untuk menikmati Mie Ongklok.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *