Peningkatan Kapabilitas APIP 7 Kabupaten/Kota

by -65 views

WONOSOBOZONE – Sekitar 90 orang Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) dari 7 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah mengikuti Workshop Peningkatan Kapabilitas APIP 2017, yang diselenggarakan oleh Inspektorat Kabupaten Wonosobo bekerjasama dengan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Provinsi Jawa Tengah. Bertempat di Hotel Surya Asia Wonosobo, Selasa-Rabu, 17-18 Oktober 2017.

Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagiyo, saat membuka Workshop (17/10) menyampaikan bahwa pengawasan adalah salah satu fungsi managemen yang ujungnya adalah kontroling. Peran pengawasan menjadi sangat pentingtidak hanya sebatas untuk mengakselerasi perubahan di pemerintahan,namun juga bertanggung jawab, agar penyelenggaraan pemerintahan serta pembangunan bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme. Oleh karena itupengawasan harus mampu menjalankan fungsi  yang baik dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan koordinasi serta pengawasan.

“Oleh karena itu kualitas SDM, kelembagaan serta tata kelola APIP harus ditingkatkan,sehingga nantinya APIP dapat menjalankan peran dan fungsinya secara efektif, untuk mendukung kualitas, transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan” pungkas Wakil Bupati.

Inspektur Kabupaten Wonosobo, Gatot Hermawan, juga menyampaikan bahwa sebagai upaya untuk mendukung kebijakan Presiden RI dalam usahanya untuk meningkatkan kapabilitas APIP di seluruh Indonesia menjadi Level 3 di tahun 2019, maka peningkatan  kapabilitas APIP harus terus ditingkatkan. Karena keberadaan APIP saat ini menjadi sangat pentingdan strategis, mulai sejak perencanaan anggaran, pelaksanaan dan pertanggungjawaban APBD, serta pemberian rekomendasi perbaikan pada setiap kebijakan yang telah dan/atau akan diimplementasikan.

Gatot juga menambahkan bahwa sekitar 90 peserta workshop dari Kabupaten Wonosobo, Temanggung, Banjarnegara, Brebes, Tegal, Pekalongan, dan Kota Pekalongan, merupakan APIP yang berada di Level 2.

Untuk Kabupaten Wonosobo sendiri terdapat 26 APIP Level 2, dimana jumlah yang ideal untuk Kabupaten Wonosobo adalah 60 APIP. “Oleh karena itu Pemerintah Daerah Kabupaten Wonosobo akan terus berusaha mendorong agar PNS yang berbasis Akuntan agar mau menjadi APIP, agar jumlah ideal dapat terpenuhi. Sehingga nantinya semua dapat terlayani secara baik dan maksimal ” terang Gatot.

“Untuk 26 APIP yang sudah ada, Pemerintah akan berupaya semaksimal mungkin agar di tahun 2018 sudah menjadi APIP Level 3” pungkas Gatot Hermawan.

Pada kesempatan itu Korwas P3A BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, Teguh Harjanto, selaku narasumber Workshop menyampaikan materi mengenai Standar Audit Intern Pemerintah Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *