Kontingen Wira Karya Diminta Jaga Diri dan Promosikan Wonosobo

by -26 views

WINOSOBOZONE –  Kontingen Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Wonosobo yang berjumlah 20 peserta, pagi ini (16/10) diberangkatkan ke Kebumen untuk mengikuti Kemah Wirakarya Daerah tingkat Kwarda Jawa Tengah.


Sekda Kabupaten Wonosobo berkesempatan melepas keberangkatan kontingen Kwarcab tersebut.  Bertempat di Pendopo Bupati, Eko Soetrisno Wibowo  didampingi Asisten Sekda Bidang Pemerintahan Aziz Wijaya, Asisten Sekda Bidang Administrasi Samsul Maarif, dan Kepala Bappeda Amin Suradi, serta Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Sigit Sukarsana.


Kepada kontingen Kemah Wirakarya Daerah tersebut Eko meminta agar mereka senantiasa menjaga sopan santun demi menjaga nama baik Kabupaten Wonosobo. “Karena nanti akan berada bukan di daerah sendiri, yakni di Kebumen, maka para peserta harus menjaga sopan santun demi nama baik Wonosobo, tentu karakter masyarakatnya juga berbeda dengan masyarakat kita, sehingga peserta harus mampu menyelami dan memahami perbedaan itu”.


“Para peserta diharuskan menjaga diri dan sikap masing-masing. Kekompakan, solidaritas dan kebersamaan adalah elemen penting yang harus diterapkan dalam Perkemahan Wirakarya

 ini”, lanjutnya.


Selain itu Sekda meminta para peserta juga tidak lupa untuk ikut mempromosikan segala potensi yang ada di Kabupaten Wonosobo agar di sampaikan kepada masyarakat disana dan kepada para peserta dari daerah lain.


Kemah Wirakarya merupakan kegiatan yang cenderung mengarah ke kegiatan sosial masyarakat. Tanpa mendirikan tenda namun mereka akan terjun langsung ke masyarakat dan ikut serta dalam berbagai kegiatan pembangunan masyarakat. 


Menurut penuturan Waka Bina Muda Kwarcab Wonosobo Sri Widyastuti para peserta Kontingen Kemah Wirakarya Daerah ini merupakan kegiatan bakti dari pramuka penegak dan pandega, yang di laksanakan di Kebumen selama satu minggu kedepan yang diikuti seluruh perwakilan Kwarcab yang ada di Wilayah Kwarda Provinsi Jateng.


Wonosobo sendiri mengirimkan dua sanggah putra dan putri. ” Kita mengirimkan dua sanggah, satu sanggah putra satu sanggah putri perwakilan dari masing-masing gugus depan, dari hasil seleksi Dewan Kerja Cabang”. Demikian penjelasan Sri Widyastuti.


Sementara itu, Sekretaris Dewan Kerja Cabang Kwarcab Wonosobo Aisyah Ayu Lestari mengatakan kegiatan yang akan dilakukan dalam Kemah Wirakarya Daerah tingkat Kwarda Jateng di Kebumen nanti banyak mengarah kepada kegiatan bakti fisik yakni jambanisasi, sanitasi, bedah rumah, benah rumah dan perbaikan rumah ibadah serta penanaman pohon. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *