Bus Pariwisata Ke Dieng Wajib Masuk Mendolo

by -32 views

WONOSOBOZONE – Dinas Perhubungan Kabupaten Wonosobo meresmikan operasional terminal Tipe C Mendolo, Rabu (11/10). Dengan dibukanya sub terminal di jalur tengah area Mendolo tersebut, semua kendaraan umum rute dalam kota dan rute Wonosobo-Dieng, Wonosobo-Magelang, serta Wonosobo-Purworejo akan diakomodasi secara lebih memadai. Selain membuka sub terminal Tipe C, pada kesempatan yang sama, Dishub juga membuka terminal Pariwisata di jalur paling atas terminal. “Dua terminal, yaitu terminal Tipe C dan Terminal Pariwisata ini akan mengurai pula permasalahan banyaknya bus wisata yang selama ini biasa parkir di Kota dan mengganggu lalu lintas sehingga memunculkan keluhan warga,” terang Kepala Dinas Perhubungan dan Permukiman, Bagiyo Sarastono.


Keberadaan terminal mendolo Tipe C maupun terminal wisata, menurut Bagiyo merupakan upaya nyata untuk mengembangkan Mendolo sebagai pusat koneksi kendaraan umum angkutan orang di Wonosobo. Secara tegas, Bagiyo menyebut pihaknya mewajibkan semua kendaraan angkutan rute dalam kota maupun rute-rute ke daerah tetangga untuk masuk ke Mendolo Tipe C, sehingga terwujud keteraturan dalam penataan lalu lintas angkutan orang. “Bus-bus Pariwisata, baik yang hendak ke Dieng maupun yang hendak berangkat ke luar Wonosobo, melalui penyelenggara wisata perorangan maupun badan, juga kami wajibkan masuk ke Terminal Wisata Mendolo ini,” imbuh Bagiyo. Perihal pengelolaan terminal Tipe C tersebut, Bagiyo mengaku masih mempertimbangkan beberapa opsi, apakah akan berbentuk UPT, BLUD atau berada di bawah koordinator Terminal Tipe A yang kewenangannya ada di Kemenhub. Sementara, untuk terminal wisata Mendolo, pihak Dishub diakui Bagiyo telah berkoodinasi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten.


Dibukanya Terminal Tipe C Mendolo Tipe C mendapat sambutan positif Ketua Organda Wonosobo, Khoiri. Selama ini, banyak kendaraan angkutan diakui Khoiri memang masih enggan masuk Mendolo dan memilih parkir di Sub Terminal Stasiun. Namun dengan telah dibukanya Tipe C, Khoiri meyakini 1.500 lebih angkutan umum yang sehari-harinya beroperasi di Wonosobo akan bersedia masuk Mendolo secara bertahap. “Karena nantinya terminal Stasiun juga akan difungsikan kembali sebagai stasiun kereta, pembukaan tipe C ini akan sangat penting manfaatnya,” tandas Khoiri. Agar lebih menarik minat penumpang maupun para awak angkutan, Khoiri mengaku berharap Pemkab melengkapi fasilitas umum di Tipe C mendolo, seperti Toilet dan Mushola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *