Kasdam Hadiri Pembukaan TMMD di Pagerejo Kertek

by -41 views

WONOSOBOZONE – TMMD Reguler  Ke 100 tahun 2017 untuk wilayah Korem 072/Pamungkas ditempatkan di Kodim 0707 Wonosobo. Untuk wilayah Wonosobo bertempat di Di Desa Pagerejo Kecamatan Kertek. Pada pembukaan tesebut dihadiri pejabat sipil dan militer.  Untuk pejabat militer yang hadir pada acara tersebut adalah Kasdam IV/Dip. Brigjen TNI MS Sabar Fadhilah, Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Tatang Sulaiman dan pejabat lainnya dilingkungan Kodam IV dan Korem 072 PMK lainnya. Upacara pembukaan TMMD bertempat di lapangan Desa Pagerejo adapun sebagai inspektur upacara Bupati Wonosobo Eko Purnomo SE, MM.(27/9)

Dalam kesempatan tersebut Kasdam IV/Dip menyampaikan bahwa melalui TMMD ke 98 dan 99 dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Lebih lanjut dengan melihat kondisi kehidupan masyarakat di pedesaan khususnya daerah tertinggal/miskin, terisolasi / terpencil,  perbatasan / pulau – pulau terluar dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak bencana, menjadi salah satu sasaran TNI untuk melaksanakan program TMMD.

Melihat manfaat yang begitu banyak maka pemerintah melalui Mendagri memerintahkan Gubernur serta Bupati/Walikota  No : 140/174/SJ tanggal 16 Januari 2017 tentang penambahan kegiatan program TMMD dari 2 kali menjadi 3 kali, dalam satu tahun dan surat telegram PJO TMMD No STR/04/2017 tanggal 31 Januari 2017  tentang pelaksanaan TMMD dalam setahun yang semula 2 menjadi 3 kali. Serta surat telegram PJO TMMD nomor ST/06/2016 tanggal 18 April 2016 tentang perubahan pelaksanaan TMMD dari 21 hari menjadi 30 hari.

Perubahan tersebut dalam rangka meningkatkan kesamaan visi, misi antar aparatur pemerintah didaerah dan para tokoh masyarakat serta terpadu untuk memberdayakan masyarakat dan lingkungan. Selian itu juga untuk meningkatkan kesejahteraan dan kehidupan sosial masyarakat, serta meningkatkan kesadaran masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Disisi lain program TMMD bertujuan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan serta kesadaran bela negara dan meningkatkan semangat  kebersamaan gotong royong, rasa kekeluargaan serta partisipasi aktif masyarakat dalam membangun daerah sehingga tercipta persatuan dan kesatuan yang kokoh serta terwujudnya kemanunggalan TNI rakyat.

Pada tahun 2017 telah dilaksanakan TMMD 98 dan 99, serta pada bulan september 2017 dilaksanakan TMMD ke 100.  Dengan TMMD ke 98 dan 99 diwilayah Kodam IV/Diponegoro telah dirasakan hasilnya oleh masyarakat diataranya pengaspalan jalan sepanjang 20.754 meter, rehap rumah tidak layak huni sebanyak 272 unit, membuatan jamban keluarga sebanyak 146 unit, perbaikan jembatan 146 unit, pembuatan jalan makadam (rolak telasah) sepanjang 17.019 meter. Selain itu juga dilaksanakan program non fisik diantaranya  baksos, donor darah, penyuluhan radikalisme dan terorisme, penyuluhan bela negara, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan hukum dan narkoba, penyuluhan bidang pertanian serta penyuluhan KB dan kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *